11 Pulau Terluar di Kaltim Belum Diberi Nama

Sabtu, 20 Juni 2015 - 18:01 WIB
11 Pulau Terluar di Kaltim Belum Diberi Nama
11 Pulau Terluar di Kaltim Belum Diberi Nama
A A A
SAMARINDA - Kepala Biro Kerja Sama dan Penataan Wilayah Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Tri Murti Rahayu menjelaskan, pulau terluar Kaltim mencapai 213 pulau. Dari jumlah tersebut, yang belum ada namanya berjumlah 11 pulau.

Walaupun demikian, kata Tri Murti, jumlah tersebut sudah dibakukan ke gasetir nasional, sesuai dengan persyaratan yang ada seperti lokasinya berada di mana, luas pulaunya berapa, kemudian apa namanya.

"Ke-11 pulau tersebut, semua persyaratannya sudah dilengkapi dan sudah didaftarkan ke gasetir nasional ke Dirjen Kemenhum," kata Tri Murti, Sabtu (20/6/2015).

Dia menambahkan, di wilayah Kabupaten Paser di dekat Pulau Balabalakan, masyarakat menemukan sembilan pulau baru. Karena itu, pulau yang baru tersebut sebelum didaftarkan akan diidentifikasi bersama dengan masyarakat setempat.

"Oleh karena itu, setelah semua persyaratannya sudah lengkap, pulau-pulau baru tersebut akan kita segera didaftarkan ke gasetir nasional," tandas Tri Mukti.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov Kaltim kini berupaya memberi nama pulau-pulau terluar yang ada di Kaltim untuk mengantisipasi klaim negara lain. Tak hanya pemberian nama, upaya pengetatan pengamanan laut juga bakal dilakukan.

Baca juga:
Semua Pulau Terluar Kaltim Akan Diberi Nama
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3765 seconds (0.1#10.140)