Atasi Kelangkaan Air di Ponpes Darul Hikam Ponorogo, Ini Langkah GGN

Jum'at, 03 Februari 2023 - 13:33 WIB
loading...
Atasi Kelangkaan Air di Ponpes Darul Hikam Ponorogo, Ini Langkah GGN
GGN Jatim memberikan bantuan sumur bor di Ponpes Darul Hikam, Desa Joresan, Ponorogo, Kamis (2/2/23). Tujuannya mengatasi persoalan kelangkaan air bersih di ponpes tersebut. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PONOROGO - Gus-Gus Nusantara (GGN) Jatim memberikan bantuan sumur bor di Ponpes Darul Hikam. Tujuannya mengatasi persoalan kelangkaan air bersih di ponpes tersebut.

Korwil GGN Jatim Gus Alwy Hasan mengatakan sumur bor tersebut sudah rampung dikerjakan dan kini tengah masuk tahap uji coba. Hal itu sebagai tindak lanjut dari silaturahmi dan survei yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Jadi, bantuan ini kami rasa sangat berarti bagi pondok. Karena selama ini pondok di sini begitu sering antre dalam melaksanakan kegiatan mandi," kata Gus Alwy saat melakukan peninjauan di Ponpes Darul Hikam, Desa Joresan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Kamis (2/2/2023).

Menurut Alwy, bantuan sumur bor ini hadir dari keresahan para santri yang selalu mengantre akibat kecilnya debit air di kamar mandi maupun tempat wudhu. Sumur bor itu secara simbolis diterima langsung Rizal, selaku pengurus ponpes.

Raut wajah riang gembira dari para santri terpancar begitu melihat derasnya debit air yang bakal digunakan untuk keperluan mandi, cuci, kakus (MCK) hingga berwudhu. "Mudah-mudahan di sini atas pemberian pengadaan air bersih dan bantuan pembuatan sumur bisa membantu dan bermanfaat," jelas Gus Alwy.

Dia berharap masyarakat pesantren dapat memanfaatkan sumur bor secara optimal. "Harapannya santri di Ponpes Darul Hikam lebih senang dalam mencari ilmu agama dan mudah-mudahan lebih tepat waktu melaksanakan kegiatan di ponpes ini," tandasnya.

Tak hanya meninjau sumur bor, Gus Alwy juga ikut hadir dalam kegiatan para santri seperti pengajian rutin bada Ashar. Selain itu, GGN Jatim juga menyalurkan bantuan berupa sejumlah paralon dan gayung yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan ponpes.

Rizal (32), pengurus Ponpes Darul Hikam mengapresiasi bantuan GGN itu. "Dari pondok kami mengucapkan terima kasih dan mudah-mudahan menjadi bermanfaat ke depannya. Semoga bisa mengurangi antrean untuk mencuci ataupun mandi," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)