alexametrics

Pejabat Kodam IV Digembleng Rekonsiliasi Laporan Keuangan

loading...
Pejabat Kodam IV Digembleng Rekonsiliasi Laporan Keuangan
Kegiatan rekonsiliasi penyusunan laporan keuangan Kodam IV/Diponegoro Semester I di Aula Makodam IV/Diponegoro Semarang. Selasa (14/7/2020). Foto/Dok. Pendam IV/Diponegoro
A+ A-
SEMARANG - Dalam upaya kelancaran penyelenggaraan pertahanan negara, khususnya di bidang pengelolaan keuangan negara diperlukan perangkat manajemen antara lain, laporan keuangan yang merupakan wujud pertanggungjawaban instansi pemerintah atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berupa laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan ekuisitas, neraca dan catatan atas laporan keuangan.

(Baca juga: UNS dan Kemenparekraf Jalin Kerjasama Majukan Pariwisata)

Terkait hal itu, Kodam IV/Diponegoro menyelenggarakan kegiatan Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Kodam IV/Diponegoro Semester I Tahun Anggaran 2020 yang dibuka oleh Asrendam IV/Diponegoro, Kolonel Inf. Hery Setiyanto mewakili Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari di Aula Makodam IV/Diponegoro, Watugong, Semarang. Selasa (14/7/2020).

Kegiatan yang diikuti perwakilan Pejabat Perencanaan, Logistik dan Unit Akutansi yang memegang Keuangan dimasing-masing Satker Jajaran Makodam ini bertujuan untuk mendapatkan Laporan Keuangan yang transparan dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.



(Baca juga: Kebakaran Hebat Landa Kawasan Hutan Lindung di Sikka)

"Untuk meyakinkan keadaan data dalam penyusunan laporan keuangan perlu dilakukan rekonsiliasi antara Unit Akuntansi dan Pelaporan Keuangan dengan Unit Akuntansi dan Pelaporan BMN serta bidang perencanaan di lingkungan Kodam IV/Diponegoro" ungkap Pangdam dalam amanat yang dibacakan Asrendam IV/Diponegoro.



Ditambahkan, agar para Satuan Kerja mengikuti semua proses, mekanisme dan tertib administrasi anggaran serta ketentuan yang berlaku dalam penyusunan Laporan Keuangan, sehingga temuan-temuan dari Wasrik baik internal maupun eksternal dapat diminimalisir dan dihindari.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakudam IV/Diponegoro Letkol Cku Agus Daryanto, Waaslog Kasdam Letkol Inf Fajar Ali Nugraha, dan Irdya Ops Itdam Letkol Inf Ahmad Rifai.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak