Usbat Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Tata Cara Mengurus Jenazah

Kamis, 02 Februari 2023 - 19:28 WIB
loading...
Usbat Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Tata Cara Mengurus Jenazah
Relawan Usbat Ganjar Sumut menggelar pelatihan praktik tata cara mengurus jenazah, Kamis (2/2/2023). Pelatihan ini untuk menciptakan kemandirian masyarakat. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MEDAN - Relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan praktik tata cara mengurus jenazah, Kamis (2/2/2023). Pelatihan ini untuk menciptakan kemandirian pada masyarakat.

"Harapan kami kepada masyarakat, setelah ada pelatihan ini, tentu bisa menjadikan masyarakat yang mandiri. Artinya tidak perlu lagi menghadirkan bilal atau guru-guru yang berkompeten yang di datangkan dari luar. Karena sudah ada di tempat ini," kata Korda Usbat Ganjar Medan, Muhammad Nizar Nur di Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Nizar menjelaskan, di wilayah Rengas Pulau jumlah warga yang mengetahui cara mengurus jenazah secara Islam yang benar masih sedikit. Dia berharap pelatihan ini bisa bermanfaat bagi warga.

"Pelatihan fardhu kifayah itu merupakan bagaimana kita bisa bijak dalam menangani dalam situasi saat ada orang yang meninggal. Itu ibadah fardu kifayah. Dari cara menyalatkan, memandikan, mengafani, hingga menguburkan," jelasnya.

Lebih lanjut, Nizar mengatakan pihaknya akan kembali menggelar pelatihan serupa di wilayah lainnya. “Kami terus dari satu tempat ke tempat lain. Kami mencari tempat-tempat atau lokasi-lokasi yang masyarakatnya masih awam dalam pembelajaran ini," tandasnya.

Dalam kunjungannya ke Rengas Pulau, para relawan juga menggelar sejumlah kegiatan positif lainnya. Ratusan Usbat Sumut membagikan ratusan paket sembako, dan menyerahkan bantuan pengeras suara serta karpet. Nantinya, pengeras suara dan karpet tersebut akan digunakan untuk kemaslahatan majelis-majelis taklim di sana.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)