Soal Ledakan di Ladang Minyak yang Menimbulkan Korban Jiwa, Ini Kata PT BSP

Rabu, 01 Februari 2023 - 06:24 WIB
loading...
Soal Ledakan di Ladang Minyak yang Menimbulkan Korban Jiwa, Ini Kata PT BSP
Ledakan terjadi di areal eksplorasi minyak bumi Bekasap 02, Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. (Ist)
A A A
PEKANBARU - Ledakan terjadi di areal eksplorasi minyak bumi Bekasap 02, Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. Akibat ledakan itu, 1 orang tewas dan 3 luka.

Pihak perusahaan pun buka suara terkait insiden tersebut. "Kejadiannya pada hari Kamis 26 Januari 2023, saat kegiatan pemeliharaan dan pemanfaatan aset pada fasilitas pipa yg berada di area sumur yang sudah tidak aktif," kata Sekertaris PT BSP (Bumi Siak Pusako), Riki Hariansyah Selasa (31/1/2023).

"Jadi, kejadian tersebut bukan ledakan sumur melainkan terjadi pada area fasilitas pipa yang sudah tidak dipakai lagi yang berada di area sumur Bekasap 02," tambahnya.

Dalam musibah ini, satu korban meninggal dunia yakni Anton (36), warga Teluk Batil Gang Pinang. Selain itu keterangan dari Polres Siak bahwa ada empat korban luka akibat ledakan tersebut.

"Bahwa korban ada empat orang dengan 1 orang meninggal dan 3 luka. Jadi totalnya 3 bukan 4 luka," imbuhnya.

Terkait adanya insiden pada area tersebut terdapat fasilitas pipa dan valve yg tidak digunakan dan dapat dimanfaatkan. Kejadian pada saat mau dibuka valve yang tersambung dengan pipa tersebut masih ada gas/hydrocarbon yangg masih terperangkap di dalam pipa tersebut.

"Saat ini sedang dilakukan proses pengecekan dan investigasi detail penyebab kejadian. SKK Migas Sumbagut dan PT BSP terus memonitor perkembangan lebih lanjut sampai hasil investigasi para pihak diperoleh," imbuhnya.

Baca: Pipa Minyak PT BSP Meledak, 1 Pekerja Tewas 4 Luka-luka.

Sementara itu Polres Siak saat ini masih mendalami insiden tersebut. Polisi juga telah memasang police line di areal perusahaan BUMD itu.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)