Sekjend JATMAN Kukuhkan 100 Relawan REMPUG Cianjur Bangkit

Senin, 30 Januari 2023 - 09:15 WIB
loading...
Sekjend JATMAN Kukuhkan 100 Relawan REMPUG Cianjur Bangkit
Sekretaris Jenderal Jamiyah Ahlith Thariqah Al-Mutabarah An-Nahdliyah (JATMAN), mengukuhkan lebih dari 100 Relawan Masyarakat Peduli Gempa (REMPUG) Cianjur Bangkit. (Ist)
A A A
CIANJUR - Sekretaris Jenderal Jam'iyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (JATMAN), atau Forum Masyarakat Sufi NU Kiai Mashudi atas restu dari Rais Aam JATMAN, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, mengukuhkan lebih dari 100 Relawan Masyarakat Peduli Gempa (REMPUG) Cianjur Bangkit.

Pengukuhan tersebut menjadi bagian dari rangkaian kegiatan dalam kunjungan ke Kemah Adaptasi Bencana Indonesia (IDA Camp), di Pondok Pesantren Al-Kautsar, Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, Jumat (27/1/23).

Selain mengukuhkan REMPUG, dalam kunjungannya tersebut, Kiai Mashudi juga memimpin Shalat Tasbih berjamaah untuk memohon keselamatan warga masyarakat Kabupaten Cianjur yang terus menerus mengalami peristiwa gempa bumi.

"Setelah menyelesaikan jamaah shalat malam, Kiai Mashudi melanjutkan kegiatan dengan sahur bersama, dan lalu memimpin Shalat Subuh Berjamaah. Sesi pagi ditutup dengan Kuliah Subuh oleh Sekjen JATMAN," ujar Fawaid Abdul Kuddus, Inisiator REMPUG, sekaligus Dewan Pimpinan Ponpes Al-Kautsar.

"Pak Kiai memberi motivasi bagi para calon relawan masyarakat yang tengah diberikan pembekalan selama 3 hari di IDA Camp, dan mengapresiasi serta mendoakan para relawan agar selalu diberkahi Allah SWT," tambahnya.

Fawa menjelaskan, bahwa Kunjungan Sekjend JATMAN ke Cianjur, merupakan tindak lanjut dari rangkaian pengiriman bantuan yang telah dilakukan oleh JATMAN selama masa tanggap darurat bencana gempa Cugeunang.

"Setelah status tanggap darurat dicabut, kami melaporkan pada beliau bahwa para relawan akhirnya pulang ke asalnya masing-masing, sementara masalah di lingkungan para penyintas belum benar-benar selesai," sebutnya.

Akhirnya lanjut Fawa, beliau mengutus Indonesia Disaster Adaptive sebagai tim untuk memberikan pembekalan bagi relawan dari unsur masyarakat lokal. "Yang akhirnya kami beri nama REMPUG, Relawan Masyarakat Peduli Gempa," sebutnya.

Dikatakan Fawa, bahwa komunikasi yang terjalin dengan JATMAN pusat, serta do'a dan perhatian dari Rais Aam, Habib Muhammad Luthfi Ali bin Yahya, telah membangkitkan semangat kerelawanan para penyintas, dan mentransformasi mereka secara positif, untuk secara mandiri dan tanpa pamrih, berupaya membantu sebisa mungkin, menyelesaikan masalah-masalah yang muncul pasca status tanggap darurat dicabut.

"Relawan Masyarakat ini terdiri dari elemen santri, asatidz dan kiai dari Forum Pondok Pesantren. Sebelum pembekalan IDA Camp, mereka telah terjun ke masyarakat melaksanakan pelayanan apapun yang dapat dilakukan untuk meringankan beban para penyintas," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)