Jabar Kini Miliki Gudang Penyimpanan Cadangan Komoditas Pangan

Jum'at, 27 Januari 2023 - 07:04 WIB
loading...
Jabar Kini Miliki Gudang Penyimpanan Cadangan Komoditas Pangan
Pertama di Indonesia, Jabar miliki gudang penyimpanan cadangan komoditas pangan dimana salah satu tujuannya untuk menekan inflasi. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah meresmikan Gudang Pusat Distribusi Provinsi (PDP) di Kabupaten Purwakarta , Rabu (25/1/2023). Gudang itu berfungsi untuk menyimpan cadangan semua komoditas pangan yang menjadi kebutuhan warga.

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2020 tentang fungsi Pusat Distribusi Provinsi yaitu Distribusi, Stabilisasi, dan Kontribusi

Ridwan Kamil mengatakan, tujuan utama PDP adalah untuk stabilisasi harga bahan pokok dengan cara mengintervensi ketika ada kenaikan. PDP akan langsung mendistribusikan bahan pangan ke daerah di Jabar yang mengalami kenaikan harga. Dengan begitu, inflasi dapat dikendalikan.



"Hari ini pertama di Indonesia, Jabar punya pusat distribusi provinsi, nanti semua komoditas pangan yang jadi kebutuhan warga cadangannya kita simpan di sini," ucap Ridwan Kamil dalam keterangannya, Kamis (26/1/2023).



Sementara, Direktur Utama PT Agro Jabar, Nurfais Almubarok mengatakan, konsep bisnis yang akan dilakukan oleh PT Agro Jabar yakni mengelola PDP melalui Platform Digital yang mengintegrasikan supply chain management dan jaringan distribusi dengan sistem otorisasi bersama BJB dan PT Jamkrida.

Pengelolaan akan menggunakan model bisnis “Food Ecosystem Financing” yang akan menjamin end to end bisnis pelaku dan cash to cash transaksi yang terukur serta terpercaya secara cashless, sehingga menjamin PT Agro Jabar menjalankan GCG dengan baik



Selain itu, PT Agro Jabar saat ini sedang berjuang untuk menjadi Distributor Pertama (D1) untuk komoditas minyak goreng, kedelai, gula konsumsi, gula rafinasi (untuk UKM industri) dan produk-produk frozen berupa daging dan ikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)