SIG Berhasil Uji Coba Aplikasi Beton Cepat Kering di Semarang

Rabu, 25 Januari 2023 - 11:35 WIB
loading...
SIG Berhasil Uji Coba Aplikasi Beton Cepat Kering di Semarang
Rekonstruksi jalan beton di Jalan Raya Karangawen, Semarang-Godong menggunakan teknologi beton cepat kering (SpeedCrete).
A A A
SEMARANG - Ujicoba rekonstruksi jalan raya menggunakan beton cepat kering berhasil dilakukan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui unit usahanya PT Pendawa Lestari Perkasa (PLP).

Ujicoba ini dilakukan di Jalan Raya Karangawen, Semarang-Godong, Jawa Tengah. Rekonstruksi ini menggunakan metode rapid setting yang memiliki kecepatan pengeringan hanya 12 jam dan dapat segera dilalui oleh kendaraan lagi seperti semula.

Menurut Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, perbaikan jalan menggunakan SpeedCrete dengan metode rapid setting terbukti memberikan hasil maksimal dengan proses pengerjaan lebih cepat.

Baca juga: Anggota DPR RI Asal Jateng Ini Tegaskan Menaruh Perhatian Penuh terhadap Nasib Perangkat Desa

Ini juga mengurangi potensi dampak kemacetan, khususnya di wilayah perkotaan dengan tingkat kepadatan lalu lintas tinggi, yang dapat menganggu kelancaran mobilitas masyarakat.

“Selain cepat kering, SpeedCrete juga memiliki ketahanan lebih baik karena dikerjakan menggunakan sumber daya dan metode yang sangat khusus,” katanya, Selasa (24/1/2023).

Dia menjelaskan, SpeedCrete menggunakan material semen, batu agregat dan bahan aditif khusus karya anak negeri untuk mempercepat waktu ikat beton.

Proses pengerjaannya juga didukung dengan peralatan mutakhir, seperti laser screed yang dapat menjamin kerataan dan kemiringan hasil jalan, serta aspek keselamatan kerja dalam proses pengerjaannya.

Kekuatan dan performa tinggi SpeedCrete sangat cocok diaplikasikan pada jalan-jalan dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi untuk meminimalkan kemacetan karena perbaikan jalan.

SpeedCrete menawarkan beberapa level kecepatan kering yang dapat disesuaikan dengan tingkat kepadatan lalu lintas jalan di suatu daerah, mulai dari 4 jam, 6 jam, 8 jam, 10 jam dan 12 jam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3374 seconds (10.177#12.26)