Petani Milenial Pamekasan Mendapat Pelatihan Budidaya Tembakau

Minggu, 22 Januari 2023 - 16:55 WIB
loading...
Petani Milenial Pamekasan Mendapat Pelatihan Budidaya Tembakau
Relawan OMG Jatim menggelar pelatihan budidaya tembakau untuk petani milenial di Kabupaten Pamekasan, Madura, Minggu (22/1/2023). Pelatihan guna meningkatkan kemampuan bertani bagi petani milenial. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PAMEKASAN - Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jatim menggelar pelatihan budidaya tembakau untuk petani milenial di Kabupaten Pamekasan, Madura. Pelatihan guna meningkatkan kemampuan bertani bagi petani milenial.

"Ini sebenarnya meningkatkan kualitas pertanian dan mendorong keterampilan dari sumber pengetahuan untuk masyarakat, khususnya bagi petani milenial," kata Koordinator Cabang OMG Kabupaten Pamekasan Moch Maskur di Rumah Paguyuban Tembakau Nyalaran, Desa Blumbungan, Kabupaten Pamekasan, Minggu (22/1/2023).

Maskur menjelaskan kemampuan budidaya tembakau para petani di Kabupaten Pamekasan mesti terus didorong. Pasalnya komoditas ini berpotensi menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

"Dunia pertanian ini sangat berpotensi di Kabupaten Pamekasan, khususnya dalam bidang bisnis tembakau. Di Indonesia maupun di Pulau Madura ini sendiri," ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut, petani milenial diberikan pemahaman tentang berbagai jenis tembakau dan media-media tanamnya. Kemudian, mereka diedukasi bagaimana menggunakan teknik penanaman dan perawatan yang benar untuk menghasilkan tembakau berkualitas.

Selain menggelar pelatihan budidaya tembakau, relawan OMG juga meresmikan Posko Petani Milenial Binaan Orang Muda Ganjar Kabupaten Pamekasan. Maskur mengatakan, posko ini memiliki berbagai manfaat untuk pengembangan pertanian di Pamekasan.

"Kan sekarang itu sedang musim padi, dan sebentar lagi akan menghadapi musim tembakau. Maka dengan adanya posko ini kita menampung aspirasi, pupuk-pupuk, sampai peralatan petani tembakau milenial di sini," sambung Maskur.

Relawan OMG juga memberikan bantuan peralatan pertanian untuk petani milenial di Kabupaten Pamekasan. Maskur berharap, alat-alat ini bisa mendongkrak semangat bekerja para petani muda.

"Kami akan terus terjun kepada petani-petani untuk mengembangkan pertanian, khususnya yang bermanfaat dan dapat meningkatkan perekonomian petani yang ada di Pamekasan," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8815 seconds (0.1#10.140)