3 Raja Kerajaan Kediri Paling Terkenal, Nomor 2 sangat Melegenda

Kamis, 19 Januari 2023 - 19:10 WIB
loading...
3 Raja Kerajaan Kediri Paling Terkenal, Nomor 2 sangat Melegenda
Sedikitnya ada tiga Raja Kediri paling terkenal yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga Raja Kediri paling terkenal yang bisa diketahui. Berdirinya Kerajaan Kediri menjadi kerajaan yang besar tentu tidak lepas dari peran Rajanya.

Kerajaan kediri merupakan kerajaan bercorak Hindu yang berdiri pada tahun 1045 hingga 1222. Kerajaan ini terletak di Kabupaten Kediri, Jawa Timur tepatnya di tepian sungai Brantas.

Puncak Kejayaan dari Kerajaan Kediri bertepatan pada saat era pemerintahannya Raja Jayabaya, yang memimpin kerajaan pada tahun 1135 hingga 1159.

Baca juga : Kisah Prabu Jayabaya, Raja Kediri Pencipta Ramalan Jayabaya yang Melegenda

Wilayah kekuasaan dari Kerajaan Kediri meliputi seluruh wilayah Jawa dan beberapa pulau yang ada di nusantara. Tidak sampai disitu, Kerajaan Kediri juga pernah mengalahkan Kerajaan Sriwijaya karena peran Raja yang cukup tersohor.

Berikut tiga Raja Kerajaan Kediri yang paling terkenal.

1. Raja Bameswara

Raja Bameswara telah memerintah kerajaan pada tahun 1115 hingga 1130 M. Raja Bameswara dikenal sebagai seorang raja yang banyak dikagumi oleh banyak orang karena karya sastra yang dibuatnya.

Ia mempergunakan lancana Candrakapale atau sebuah tengkorak yang bertaring. Pada era pemerintahannya ia banyak menghasilkan karya-karya sastra, bahkan kisah hidupnya dikenal dalam Cerita Panji.

Baca juga : Prabu Jayabaya, Raja Kediri Jago Ramal dan Bebaskan Rakyat dari Pajak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4205 seconds (0.1#10.140)