Imbas Corona, Warga Takut Kuburkan Jenazah

Minggu, 12 April 2020 - 21:20 WIB
loading...
Imbas Corona, Warga Takut Kuburkan Jenazah
Proses persiapan mengurus jenazah dengan protokol Covid - 19 dilakukan Pemkab Gunungkidul. FOTO : IST
A A A
GUNUNGKIDUL - Pandemi Corona benar-benar membuat masyarakat ketakutan untuk mengurus jenazah hingga pemakaman. Pemkab Gunungkidul pun langsung sigap dan menerjunkan tim relawan untuk penguburan jenazah dengan protokol Covid - 19.

"Memang kondisi psikologis masyarakat seperti itu. Kami mencoba memberikan edukasi dan penyadaran berkaitan dengan Covid-19. Karena warga takut meskipun ada bagian warga yang meninggal bulan karena Covid-19," terang Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi kepada wartawan Minggu (12/4/2020).

Dijelaskannya, kondisi ini memang menjadi bagian dari dinamika yang terjadi di hampir semua wilayah. Dari pendekatan yang dilakukannya saat ini memang warga yang biasa mengurus jenazah tidak berani mendekat. Untuk itu pihaknya langsung mengambil alih penguburan menggunakan protokol Covid - 19.
"Kalau masyarakat meminta dan tidak dilakukan dengan protokol Covid-19, maka akan menimbulkan keresahan dan justru menimbulkan ketakutan," katanya.

Untuk itu, pihaknya sudah siap untuk melakukan pemakaman dengan protokol Covid - 19 bagi warga yang meninggal dunia dalam posisi pasien dalam pengawasan (PDP) maupun orang dalam pemantauan (ODP) atau bahkan tidak dinyatakan ODP."Seperti tadi di Kecamatan Tepus warga meminta, maka untuk mengurangi keresahan kita lakukan," pungkasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.8007 seconds (0.1#10.140)