Istri dan Anak Raja Mataram Kuno Dyah Lokapala Diculik hingga Berakhir Bunuh Diri

Sabtu, 07 Januari 2023 - 06:52 WIB
Di desa itulah, Rakryan Manak melakukan bunuh diri. Sementara, Dyah Bhumijaya berhasil diselamatkan oleh para pemuka Desa Wuatan Teja dan diserahkan pada Dyah Lokapala.

Atas jasa para pemuka Desa Wuatan Teja, Dyah Lokapala menganugerahkan desa tersebut kepada mereka.

Pemberian anugerah dari Dyah Lokapala kepada para pemuka Desa Wuatan Teja tersebut dicatat pada Prasasti Wuatan yang dikeluarkan pada 10 Desember 880.

Di sisi lain, pengangkatan Dyah Lokapala sebagai raja Medang oleh Rakai Pikatan membuat iri Dyah Saladu.

Akibat kecemburuan itu, Dyah Saladu mendirikan kerajaan sendiri dan kemudian melakukan penyerangan terhadap Dyah Lokapala.

Di dalam melakukan penyerangan terhadap Dyah Lokapala, Dyah Saladu mendapatkan bantuan dari Rakai Limus Dyah Dewendra. Seorang penguasa di daerah Limus yang tidak diketahui silsilah serta hubungannya dengan Dyah Saladu.

Catatan sejarah menyebut kegemilangan serangan itu. Dyah Saladu dan Dyah Dewendra berhasil menggulingkan Dyah Lokapala dari tahtanya. Sedangkan Istana Mamratipura dihancurkan.

Serangan yang dilakukan Dyah Saladu terhadap Dyah Lokala merupakan awal perang saudara, seayah-ibu di lingkup keturunan Mpu Manuku.

Dari peristiwa perang saudara tersebut dapat ditarik bahwa kekuasaan telah dianggap lebih penting ketimbang persaudaraan.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More