Tapanuli Utara Diguncang Gempa Dangkal M4,8, Dipicu Aktivitas Sesar Sumatera

Minggu, 11 Desember 2022 - 11:17 WIB
Tarutung, Ibu kota Tapanuli Utara, Sumatera Utara diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,8. Gempa terjadi Minggu (11/12/2022). Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
TAPANULI UTARA - Tarutung, Ibu kota Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara kembali diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo (M) 4,8. Gempa terjadi Minggu (11/12/2022) pukul 04.40 WIB. Analisa BMKG, gempa ini merupakan gempa susulan dari gempa utama M 5,8 yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) lalu.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho menerangkan, wilayah Taput dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi itu berkekuatan M4,8.



Episenter terletak pada koordinat 2.09 Lintang Utara (LU) dan 98.97 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer TimurLaut Taput pada kedalaman 10 kilometer.

Hendro Nugroho menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.



Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, sebut Hendro Nugroho, berupa guncangan dirasakan di Kecamatan Sipoholon Taput IV-V MMI atau pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela, pintu gemerincing dan dinding berbunyi.

Getaran, sambung Hendro Nugroho, dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, jendela dan sebagiannya pecah, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.



Kemudian, lanjut Hendro Nugroho, di Tarutung IV MMI atau pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela, pintu gemerincing dan dinding berbunyi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More