Jamaah Salat Idul Adha di Luwu Utara Wajib Pakai Masker

Selasa, 07 Juli 2020 - 19:46 WIB
Rapat persiapan pelaksanaan salat Idul Adha di Luwu Utara, kemarin. Foto: Humas Pemkab Luwu Utara
LUWU UTARA - Pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana para jamaah nantinya diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan , sebab pandemi virus corona alias COVID-19 yang masih mengancam.

Saat ini Kabupaten Luwu Utara masuk ke dalam zona kuning alias tingkat penyebaran sedang, tapi indeks kewaspadaan berada pada level 4atau waspada siaga satu.

Berbeda saat momen Idul Fitri kemarin, di mana jamaah diimbau salat di rumah. Kali ini tidak ada imbauan salat di rumah. Meski begitu, lokasi salat Idul Adha, khususnya di Masamba tak lagi menggunakan runaway bandara Andi Djemma seperti tahun sebelumnya. Melainkan hanya dibolehkan dilaksanakan di masjid.



Hal itu diungkap Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lutra, Muslim Muhtar, Selasa (7/7/2020) di Masamba.



“Setelah mendengar masukan dari TNI, Polri, Kementerian Agama , MUI, dan organisasi Islam lainnya, dalam rapat persiapan pelaksanaan salat Idul Adha kemarin, maka kita bersepekat bahwa untuk di Masamba tidak dilaksanakan di Bandara Andi Djemma, melainkan di masjid,” ungkap Muslim.

jamaah kata Muslim juga tetap harus mengikuti protokol kesehatan, seperti pakai masker dan menghindari kerumunan.

“Keputusan lainnya adalah meniadakan sambutan seragam bupati dan memperpendek durasi khotbah,” imbuhnya.

Bagaimana di luar kota Masamba? Ia menyebutkan, pelaksanaan salat Idul Adha di luar kota Masamba tetap boleh dilakukan di lapangan. Tapi dengan catatan, jamaah harus menaati protokol kesehatan sesuai anjuran.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More