Indonesia Urutan Pertama Kejahatan di Dunia Maya

Kamis, 09 Oktober 2014 - 14:19 WIB
Indonesia Urutan Pertama Kejahatan di Dunia Maya
Indonesia Urutan Pertama Kejahatan di Dunia Maya
A A A
BANDUNG - Kejahatan dunia maya di Indonesia, ternyata tidak sedikit. Dari hasil survei tahun 2013, Indonesia jadi negara urutan pertama yang mendapat 42 ribu serangan di dunia maya per hari.

"Kita telah menjadi negara yang memiliki risiko tinggi keamanan teknologi informasi. Risiko lainnya, yakni cyber intellegence, dan cyber espionage. Seluruhnya (bisa) merongrong perusahaan dan negara," kata Dosen STEI ITB Dr Dimitri Mahayana, di Kampus ITB, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/10/2014).

Berbagai kerugian pun jelas dialami perusahaan maupun negara. Menyikapi kejahatan di dunia maya tersebut, STEI ITB bekerjasama dengan lembaga riset telematika Sharing Vision menyelenggarakan Indonesia Cyber Crime Summit (ICCS) 2014 di Aula Barat ITB.

"Cyber crime merupakan salah satu isu sentral yang memiliki potensi melemahkan ketahanan nasional. Dampak kejahatan cyber diberbagai segi semakin dirasakan segenap elemen bangsa. Sehingga, kami harus menyuarakan pentingnya perhatian dibidang ini," kata Yusep Rosmansyah, ketua panitia.

Dia menambahkan, ICCS juga jadi ajang mencari solusi praktis peningkatan ketahanan nasional terhadap kejahatan cyber dengan melibatkan unsur pemerintah, kalangan dunia bisnis, dan akademisi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7001 seconds (0.1#10.140)