Jelang Idul Adha, Karantina Pertanian Manado Ingatkan Hewan Kurban Sehat dan Aman

Jum'at, 03 Juli 2020 - 14:53 WIB
Temu wicara dengan tema Sehat dan Halalkah Kurban Kita, Kamis (2/7/2020). Foto/ist
MANADO - Kepala Karantina Pertanian Manado Donni Muksydayan menjelaskan, guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan hewan kurban dan tata cara penyembelihan yang halal serta penanganan daging kurban yang benar dan bersih, pihaknya melaksanakan temu wicara dengan tema Sehat dan Halalkah Kurban Kita, Kamis (2/7/2020).

Ia berharap, semakin banyak masyarakat yang perhatian terutama panitia penyelenggara penyembelihan hewan kurban di masjid-masjid serta juru sembelih terhadap pentingnya daging kurban yang aman, sehat, dan layak konsumsi.

"Kami mengapresiasi partisipasi peserta yang turut hadir. Semoga hasil diskusi kali ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan hewan kurban," kata Kepala Karantina Pertanian, Donni Muksydayan, Jumat (3/7/2020).

Sementara itu, pada kesempatan pertama acara webinar, Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, drh. Agus Sunanto membahas mengenai jaminan hewan kurban sehat oleh Barantan.

“Terkait kondisi saat ini tidak ada larangan lalu lintas hewan kurban sepanjang hewan tersebut sehat dan berasal dari daerah yang sedang tidak terjadi wabah penyakit,” ujar Agus.



Acara berskala nasional yang digelar secara daring ini diikuti oleh 328 orang dari berbagai kalangan di seluruh Tanah Air.

Termasuk civitas akademika baik dosen maupun mahasiswa, kalangan pemerintah pusat dan daerah hingga pengurus mesjid dan juru sembelih hewan kurban. (Baca juga: Manado Zona Merah Corona, Protokol Kesehatan Salat Jumat Diperketat)



Turut hadir sebagai narasumber adalah Dr.med.vet.drh. Denny Widaya Lukman, M.Si- Dosen FKH IPB & Anggota Komisi Ahli Keswan Kesmavet Karantina Hewan Kementerian Pertanian dan drh. Sugeng Dwi Hastono- Wakil Direktur LPPOM MUI Lampung.
(boy)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More