Gus Muhaimin Festival Dorong Pertumbuhan UMKM setelah Pandemi

Sabtu, 10 September 2022 - 21:25 WIB
”Yang disebut ekonomi Pancasila ya UMKM itu. Harapan kita mari bahu membahu mengatasi masa-masa sulit ekonomi global ini dengan cara semuanya terlibat. Kita harus membantu pemerintah yang kesulitan anggaran, pemerintah juga harus memikirkan kesulitan rakyat yang paling bawah. Itulah namanya gotong royong,” katanya.

Senada dengan Gus Muhaimin, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengatakan bahwa kegiatan Gus Muhaimin Festival sangat penting setelah Indonesia berhasil melewati dua tahun masa pandemi.

”Dua tahun kondisi sulit akibat pandemi yang memukul semua sektor, termasuk UMKM padahal UMKM adalah sektor terakhir dari pertahanan ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu kami dorong secepatnya, kami hadir disini untuk memberikan motivasi agar UMKM yang menjadi pilar masyarakat di bawah itu bisa terus tumbuh,” ujarnya.

Gus Jazil mengatakan, saat terjadi krisis moneter pada 2008 silam, sector yang terpukul adalah perbankan sementara kekuatan ekonomi nasional saat itu ditopang oleh UMKM. ”Tapi saat pandemi kemarin, semua sektor termasuk UMKM terpukul. Tapi kita harus optimistis dalam situasi apa pun, meskipun ekonomi kurang baik. Masyarakat Indonesia terutama UMKM harus optimistis agar roda ekonomi terus bergerak sehingga derajat kesejahteraan masyarakat semakin baik," katanya.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More