Modal Seratus Ribu, Peternak Kelinci di Lembang Ini Bisa Raup Rp50 Juta per Bulan

Rabu, 24 Agustus 2022 - 04:01 WIB
Hobi Asep Yana (43) warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam beternak kelinci yang telah dirintisnya sejak tahun 2007 lalu mulai membuahkan hasil. (Ist)
BANDUNG BARAT - Hobi Asep Yana (43) warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam beternak kelinci yang telah dirintisnya sejak tahun 2007 lalu mulai membuahkan hasil.

Usaha peternakannya kini telah bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan setiap bulannya. Pembeli kelincinya pun bukan hanya dari Jawa Barat saja, tapi ada juga yang dari luar daerah termasuk dari luar negeri.

"Saya awalnya iseng kecil-kecilan ternak kelinci tahun 2007, lama kelamaan jadi ketagihan dan ternyata bisa menghasilkan uang," tuturnya, Selasa (23/8/2022).

Melihat peluang bisnis yang cukup menggiurkan, dirinya lalu mulai serius untuk membudidayakannya. Modal awal saat itu yang dikeluarkannya hanya Rp100 ribu untuk membeli kelinci lokal sebagai bibit.

Lalu dirinya mulai membuat area peternakan yang dinamakan Arya Aditya Rabbitry di Jalan Baru Adjak, RT 04/06, Desa Lembang, KBB. Alhasil usahanya terus berkembang dan kelinci yang dibudidayakan terus bertambah banyak.



"Saya terus kembangkan dan hasilnya lumayan, sehingga mencoba inovasi dengan mendatangkan bibit kelinci dari luar negeri, karena banyak konsumen yang nyari," ujarnya.

Dirinya mendatangkan bibit kelinci dari berbagai negara Eropa dan Amerika untuk dibudidayakan. Seperti New Zealand white, blue, dan red, Californian, Hyla, Hycole, American Rex, Nederland Dwarf, Holland Lop, English Angora, Fuzzy Lop hingga German Giant.

Baca: Terbukti Suap Pejabat Kemenkeu, Mantan Bupati Tabanan Hanya Divonis 2 Tahun Penjara.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More