Material Longsor Belum Dibersihkan, Jalur Wisata ke Kawah Ijen Dialihkan

Rabu, 29 Juni 2022 - 05:16 WIB
Material longsor yang menutupi Jalan Raya Banyuwangi - Bondowoso belum juga berhasil dievakuasi seluruhnya. (Ist)
BANYUWANGI - Material longsor yang menutupi Jalan Raya Banyuwangi - Bondowoso belum juga berhasil dievakuasi seluruhnya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi mengaku perlu waktu tiga hari untuk membersihkan seluruh material lumpur di lokasi longsoran.

Kalaksa BPBD Banyuwangi Ilzam Nuzuli mengatakan, material longsoran yang tebal dan panjang membuat pihaknya kesulitan membersihkan secara menyeluruh. Pasalnya ada sekitar tinggi enam meter dan panjang 30 meter, material timbunan lumpur dan batang kayu yang menutup seluruh jalan raya yang menghubungkan dua kabupaten tersebut.

"Ini sudah ada penanganan dan Insyaallah dalam waktu tiga hari mendatang jalur sudah bisa dilalui lagi," kata Ilzam, Selasa (28/6/2022).

Proses pembersihan juga disebut Ilzam terkendala adanya cuaca buruk dan medan yang sulit, bahkan di hari pertama sempat terjadi longsor susulan. Namun di hari kedua evakuasi sepanjang Selasa ini cuaca mulai membaik dan proses pembersihan sudah bisa dilakukan.

Dalam proses pembersihan itu, sedikitnya ada 150 an petugas terdiri dari petugas BPBD, TNI Polri dan masyarakat yang dikerahkan.



"Sementara untuk sarana kita kerahkan tiga unit alat berat dari Dinas PU CKPP dan satu truk tangki air dari BPBD untuk penyemprotan material," ujarnya.

Baca: Kota Cimahi Waspadai Hewan Kurban dari Luar Daerah, 8 Check Point Disiapkan.



Pihaknya pun meminta masyarakat yang hendak bertolak ke Bondowoso maupun wisatawan yang hendak berwisata menuju TWA Kawah Ijen sementara untuk bersabar. Sebab jalur tersebut masih belum memungkinkan untuk dilalui.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More