Waspada, Pekan Depan Pantura Berpotensi Diterjang Banjir Rob

Minggu, 12 Juni 2022 - 12:53 WIB
Wilayah Pantai Utara (Pantura) berpotensi diterjang banjir rob pada rentang 13-16 Juni 2022. (Ist)
BANDUNG - Wilayah Pantai Utara (Pantura) berpotensi diterjang banjir rob pada rentang 13-16 Juni 2022. Pada periode tersebut, kondisi pasang air laut diprediksi akan cukup tinggi.

Pada periode itu, jika dibandingkan dengan waktu lainnya untuk tahun 2022, kondisi di pekan depan adalah kondisi yang diprediksikan tertinggi di tahun ini.

Melihat kondisi Pantura yang terus turun tanahnya, di satu sisi ada pasang tinggi dari air laut, yang dimungkinkan ditambah gelombang tinggi, maka tanggal 13-16 Juni 2022 adalah kondisi waspada banjir rob.

"Hal yang paling ditakutkan adalah terjadinya kembali tanggul yang jebol, sehingga kejadian banjir rob di tanggal 23 Mei 2022 akan terulang dan bahkan lebih buruk," kata Kepala Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB Heri Andreas dalam keterangan resminya.

Menurut Heri, melihat potensi banjir rob akan sangat rawan dan harus diwaspadai hampir di sebagian besar wilayah pesisir Pantura. Dari data-data hasil penelitian, banjir rob kemungkinan besar akan terjadi di puluhan wilayah.



Diantaranya, mulai dari Pesisir Tanggerang, Pesisir Jakarta seperti Kamal Muara, Tanjungan, Muara Angke, Muara Baru, Sunda Kelapa, Ancol dan Marunda.

Kemudian Pesisir Muara Gembong, Pondok Bali Pamanukan, Pesisir Indramayu, Cirebon, sebagian pesisir Tegal dan Brebes, sebagian besar pesisir Pekalongan seperti wilayah Pasirsari, Tirto, Kandang Panjang, Panjang Wetan dan Panjang Baru, sebagian besar pesisir Semarang seperti wilayah Bandarharjo.

"lalu Tambaklorok, Tambakrejo, Kemijen dan Gayamsari, sebagian besar pesisir Demak yang meliputi wilayah Sayung, Karang Tengah, Bonang dan Wedung, sebagian dari pesisir Rembang, Gresik, Surabaya hingga Probolinggo," beberanya.

Baca: Hilang saat Mancing di Laut, Nelayan Halmahera Selatan Ditemukan Tewas Dalam Perahu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More