Pembagian Bansos 5.000 KK di Kediri, Pengusaha Kecil Juga Terima

Kamis, 18 Juni 2020 - 21:09 WIB
Tampak penyaluran bansos dari Provinsi Jawa Timur berlangsung di Kota Kediri. Penyaluran bansos untuk 5.000 KK dimulai Kamis (18/6/2020).Foto/ist
KEDIRI - Sejumlah pelaku usaha kecil di Kota Kediri ikut menerima bantuan sosial (bansos) Pemprov Jatim yang disalurkan Pemerintah Kota Kediri. Syaratnya mereka belum menerima bantuan sebelumnya.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut, pada Kamis ini (18/6) Pemkot Kediri menyalurkan bansos untuk 5.000 kepala keluarga (KK). "Pelaksananya BPBD. Kriteria penerima adalah semua warga yang terdampak Covid-19," ujar Triyono Kutut, Kamis (18/6/2020).

Baca juga: Khofifah Tinjau RSSA, Pasien Covid-19 Terlayani dan Non Covid-19 Terlindungi

Bansos yang disalurkan berupa uang tunai Rp 200 ribu per bulan untuk alokasi Mei, Juni dan Juli, serta suplemen. Untuk Kamis ini (18/6/2020), distribusi berlangsung di 24 kelurahan yang tersebar di tiga kecamatan Kota Kediri.

"Penyalurannya melalui Bank Jatim Kediri dengan pendataaan lewat e-bansos yang dikoordinir RT/RW di setiap kelurahan," tambah Triyono Kutut. Penerima bansos berasal dari berbagai kalangan. Termasuk sejumlah pengusaha kecil yang terimbas Covid-19, kata Triyono Kutut juga ikut menerima.



"Karena pemasukannya juga menurun drastis," terang Triyono Kutut menjelaskan. Salah seorang pemilik toko kelontong bernama Hari mengatakan, dengan adanya bansos dari pemerintah dirinya merasa terbantu. Sebab selama pandemi Covid-19 pendapatannya menurun drastis.

Baca juga: Bayar Denda Rp100 Juta, Mantan Wakil Ketua DPRD Surabaya Bebas Kurungan

"Saya bersyukur mendapatkan bantuan," tutur Hari. Penyaluran bansos berlangsung dua hari, yakni Kamis dan Jumat (19/6) dimana pada hari kedua tersebut dilakukan di 22 kelurahan. Penyaluran bansos mengambil tempat di masing masing kelurahan.

Untuk mengambil bantuan, penerima bansos wajib menunjukkan undangan dari RT/RW, KTP dan KK. Dalam prosesnya panitia tetap mengedepankan protokol kesehatan, yakni memakai masker serta mematuhi physical distancing.
(msd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More