Mengunjungi Kalirejo: Pelopor Desa Rukun dan Harmoni, Anut Kepercayaan Berbeda Warga Tetap Damai

Selasa, 14 Desember 2021 - 19:17 WIB
Bupati Kendal Dico M Ganinduto didampingi Staf Ahli Menag Wibowo Prasetyo dan Kakanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad meresmikan Desa Kalirejo sebagai desa pelopor rukun harmoni. Foto/Ist
KENDAL - Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo, Kendal, Jawa Tengah ditetapkan menjadi pelopor desa rukun harmoni setelah puluhan tahun warganya menganut agama yang berbeda dengan toleransi dan keharmonisan yang tinggi.

Nuansa toleransi yang tinggi di desa bagian selatan wilayah Kendal ini sangat kental. Mereka yang memeluk agama Islam, Kristen dan Hindu hidup berdampingan dan saling membantu hingga tercipta kerukunan dan toleransi antar umat beragama.



Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyambut positif dengan kerukunan antar umat beragama di Desa Kalirejo ini. Dia berharap tidak hanya di Desa Kalirejo saja kerukunan antar umat beragama tercipta dengan baik. Tetapi juga di desa-desa lain di Kendal.

"Keharmonisan ini bisa menciptakan kondusifitas wilayah dan menjadi kekuatan Republik Indonesia dan saya akan kawal terus kerukunan umat beragama di Kendal agar terus terjalin dan terbina," terangnya diacara Peresmian Desa Kalirejo sebagai Pelopor Desa Rukun Harmonis, Senin (13/12/2021).



Sementara, Staf Khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo yang menghadiri acara tersebut mengapresiasi terciptanya Desa Sadar Kerukunan di Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal.

Menurutnya, inisiatif yang baik ini harus terus dilakukan. Kerukunan, kata dia, merupakan pondasi utama bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang sangat beragam.

"Bangsa Indonesia itu beragam, mulai dari agama, suku, adat, budaya hingga bahasa. Ini kekayaan sekaligus kekuatan bangsa Indonesia. Kita dikuatkan oleh segala perbedaan tersebut," ujarnya.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More