Arus Lalu Lintas Jembatan Miring Perlahan Mulai Normal

Selasa, 23 November 2021 - 17:50 WIB
Pengerjaan jembatan miring yang sebelumnya ambles karena dihantam banjir. Foto: Sindonews/dok
LUWU - Arus lalu lintas Poros Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Luwu dan Kota Palopo di wilayah Jembatan Sungai Battang (Jembatan Miring), perlahan kembali normal.

Ini menyusul dibukanya kembali akses Jembatan Miring setelah proses perbaikannya selesai, sejak Selasa, (23/11/2021) pukul 03.00 WITA, dini hari.



Menurut Koordinator Lapangan SKPD TP (Tugas Pembantuan) Balai Besar Jalan Nasional (BBJN), Abdul Kadir, pasca pemasangan abutmen dan penambalan aspal jembatan , kondisi jembatan miring sudah normal dan bisa dilalui kendaraan umum.

"Kami sudah lakukan uji beban, 13 kendaraan masing-masing ber bobot 8 ton di atas jembatan miring. Tidak ada pergerakan jembatan, sehingga kami menilai aman dilalui kendaraan," ujarnya.



Dirinya menjelaskan, awalnya dilakukan sistem buka tutup, dengan membatasi bobot kendaraan yang melintas maksimal 8 ton dan jarak kendaraan 5 meter. "Setelah melihat kondisi jembatan dan pertimbangan hasil uji beban, semua berjalan normal sehingga diputuskan akses lalu lintas di Jembatan Miring kembali diberlakukan normal," lanjutnya.

Meski demikian, BBJN mengimbau pengendara utamanya kendaraan berat dengan berat di atas 8 ton untuk tidak melintas secara ber-iringan di atas jembatan, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Untuk diketahui, banjir bandang yang melanda Kota Palopo pada, Sabtu malam, 31 Oktober lalu, menyebabkan badan Jembatan Miring mengalami penurunan hingga 25 centimeter. Bahkan, banjir susulan yang terjadi beberapa kali, menyebabkan kondisi jembatan makin parah.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More