Ketua Komisi II DPRD Jabar Desak Pasar Baru Kota Bandung Dibuka

Kamis, 04 Juni 2020 - 11:37 WIB
Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Rahmat Hidayat Djati saat menyambangi langsung Pasar Baru untuk memastikan kesiapan Pasar Baru dalam penerapan protokol kesehatan. Foto: SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
BANDUNG - Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Rahmat Hidayat Djati mendesak Pemkot Bandung segera mengizinkan pembukaan kembali Pasar Baru. Hal itu dianggap mendesak untuk menyelamatkan perekonomian pedagang dan masyarakat yang menggantungkan nafkah pada aktivitas pasar terbesar di Kota Bandung tersebut.

Desakan tersebut disampaikan setelah Rahmat dan jajaran Komisi II DPRD Jabar menyambangi langsung pasar yang terletak di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Rabu (3/6/2020) kemarin. Menurut Rahmat, selain untuk merespons aduan para pedagang, kunjungannya ini juga untuk memastikan kesiapan Pasar Baru dalam penerapan protokol kesehatan.

(Baca: Tak Digubris Pemkot Bandung, Pedagang Pasar Mengadu ke DPRD Jabar)

Selasa (2/6/2020) lalu, para pedagang yang tergabung dalam Aliansi Pedagang Pasar Kota Bandung mengeluh kehilangan penghasilan menyusul kebijakan penutupan pasar akibat pandemi COVID-19. Hal itu berimbas pada nasib para pekerja pasar.

Menurut Rahmat, dari hasil kunjungan dan pemantauannya, dia berharap Pemkot Bandung segera membuka pusat fesyen di Jawa Barat itu. "Kami setuju (pembukaan Pasar Baru) karena roda ekonomi pedagang harus tetap jalan, hanya protokol kesehatan memang harus diterapkan," tegas Rahmat, Kamis (4/6/2020).



(Baca: 402 Kg Sabu-sabu Diamankan Tim Satgasus Bareskrim Polri di Sukabumi)

Koordinator Aliansi Pedagang Pasar Kota Bandung, Rahmat Ari Andi sebelumnya mengungkapkan, di Pasar Baru terdapat 4.300 kios yang mempekerjakan sekitar 12.000 orang. Akibat penutupan Pasar Baru, para pedagang terpaksa patungan untuk membantu para pekerjanya, khususnya yang tidak bisa pulang kampung dan harus tetap tinggal di Bandung.

"Jangankan bantuan (dari pemerintah), pendataan pun tidak pernah ada. Karenanya, para karyawan kita bantu secara swadaya," ungkap Rahmat dalam pertemuan dengan Komisi II DPRD Jabar di Gedung DPRD Jawa Barat, Selasa (2/6/2020).
(muh)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More