Puluhan Lovebird Selundupan dari Manado, Ditahan Petugas Karantina Ternate

Senin, 06 September 2021 - 09:23 WIB
Puluhan ekor burung lovebird asal Manado, ditemukan petugas Karantina Pertanian Ternate saat melakukan pengawasan pada KM. Simba di Pelabuhan Jailolo, Halmahera Barat. Foto SINDOnews
TERNATE - Karantina Pertanian Ternate lakukan penahanan terhadap 49 ekor burung lovebird asal Manado, Minggu (05/09). Puluhan ekor burung tersebut ditemukan petugas Karantina Pertanian Ternate saat melakukan pengawasan pada KM. Simba di Pelabuhan Jailolo, Halmahera Barat.

Selain burung love bird, petugas Karantina Pertanian Ternate juga melakukan penahanan terhadap 15 ekor ayam hias. Puluhan unggas tersebut disembunyikan di sebuah kamar penumpang. Sebelumnya, Sabtu (04/09), petugas Karantina Pertanian Ternate juga melakukan penahanan terhadap lima ekor ayam kampung dari Manado yang dibawa oleh KM. Barcelona.

Unggas dewasa merupakan media pembawa hama dan penyakit hewan. Maluku Utara termasuk salah satu diantara tiga provinsi di Indonesia yang masih bebas flu burung berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 67 Tahun 2016. Unggas dewasa dari daerah tidak bebas flu burung dilarang masuk ke Maluku Utara.

“Kita berusaha menjaga Maluku Utara ini tetap bebas flu burung . Petugas kami senantiasa melakukan pengawasan di tempat-tempat pemasukan yang rawan penyelundupan unggas dewasa, seperti di Pelabuhan Jailolo ini," kata Yusup Patiroy, Kepala Karantina Pertanian Ternate.

Kapal dari Manado, dia mencereitakan, terlebih dahulu singgah di Jailolo sebelum masuk Ternate. Inilah yang sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memasukkan unggas dewasa dari daerah tidak bebas flu burung.



Lebih lanjut, Yusup mengungkapkan, modus para penyelundup untuk memasukkan unggas dewasa ke Maluku Utara sangat beragam. Namun, pihaknya selalu berupaya untuk mengamankan dan mewaspadai setiap modus yang semakin berkembang.

“Petugas kami terlatih dengan berbagai pengalaman untuk mendeteksi berbagai modus penyelundupan unggas dewasa. Kami berupaya menutup setiap celah penyelundupan dengan memperketat pengawasan di tempat-tempat pemasukan," ungkapnya.

Diakui Yusup, keberhasilan pihaknya tidak terlepas dari kerja sama dengan berbagai instansi terkait lingkup pelabuhan. "Untuk kali ini, kami ucapkan terima kasih kepada anggota KUPP Kelas III Jailolo yang telah bekerja sama dengan baik terhadap tugas pengawasan yang dilakukan petugas kami di Pelabuhan Jailolo,” tutupnya Yusup.
(don)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More