Polisi Bagi Gratis Daun Sungkai, Diyakini Percepat Pemulihan COVID-19

Rabu, 02 Juni 2021 - 16:08 WIB
Video pembagian daun sungkai gratis di Polresta Padang, Sumatera Barat menjadi perhatian bagi netizen. Foto SINDOnews
PADANG - Video pembagian daun sungkai gratis di Polresta Padang , Sumatera Barat menjadi perhatian bagi netizen. Hasil penelusuran, video tersebut ternyata diambil oleh Kompol Jon Hendri saat menjabat Kasat Intel Polresta Padang yang sekarang sudah pindah tugas di Polda Sumbar sebagai Kasubbag Produk Baganalis Ditintelkam

Kompol Jon Hendri menuturkan, ide itu muncul setelah dirinya menjadi penyintas COVID-19 atau terpapar virus corona pada tahun 2020 lalu. Dia terpapar setelah melakukan pengamanan demonstrasi mahasiswa di DPRD Sumbar setelah dilakukan tes swab sama personel Polresta Padang Kompol Jon ini terkonfirmasi positif COVID-19.

“Awalnya saya itu terkonfirmasi positif COVID-19 setelah dilakukan swab di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumbar, saya disuruh isolasi, namun saya memilih isolasi mandiri, kemudian diberi obat. Satu minggu kurang dalam masa isolasi saya dinyatakan negatif COVID-19,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (2/6/2021)

Mantan Kasat Intel Polresta Padang ini menuturkan, dirinya cepat pulih setelah setiap hari dari pagi, siang sampai malam meminum air rebusan daun sungkai (Peronema canescens). Jon mengakui saat dia terpapar virus corona tersebut dia mendapat informasi dari teman-teman polisi maupun dari orang lain dimana daun sungkai bisa mempercepat penyembuhan.

“Daun sungkai di kebun saya banyak di pagar-pagar, di Koto Aur, Parit Malintang, Padang Pariaman, saya coba ambil kemudian saya rebus daun itu dan minum pada pagi, siang sampai malam. Saya konsumsi ternyata memang cukup bagus untuk pemulihan lebih kurang lima sampai enam hari saya dinyatakan negatif, selain meminum rebusan daun sungkai saya juga meminum vitamin yang diberikan dokter, alhamdulilah saya cepat sembuh,” paparnya.



Awalnya Jon sempat ragu apakah meminum daun sungkai itu bisa mempercepat penyembuhan COVID-19 tapi faktanya ada beberapa hal lain yang dia rasakan setelah minum daun sungkai biasanya badan cukup panas tapi bisa menurun. Selain itu anggota polisi yang lain meminum daun sungkai itu cepat juga pemulihannya, hanya sekitar satu minggu mereka sudah sehat.

“Ketika sehat saat ke kantor saya bagi-bagi kepada masyarakat yang membutuhkan secara gratis, karena saya lihat di beberapa media online banyak yang jual maka saya bagikan secara gratis,” ungkapnya.

Sampai saat ini kata Jon, banyak warga yang datang ke Polresta, polisi akan memberikan gratis. “Daun sungkai ini juga sudah ada yang memesan dari Malaysia, Jakarta sampai Surabaya, daun ini banyak di lading saya, bahkan dokter dan perawat banyak yang meminta,” ujarnya.

Selain saat ini diminum air rebusannya, sebelum wabah virus corona ini daun sungkai juga dipakai sebagai salah satu bumbu rendang belut di Tanah Datar dan Limapuluh Kota.
(don)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More