Polisi Filipina Gerebek RS Ilegal Rawat Pasien Corona Asal China

Jum'at, 22 Mei 2020 - 09:18 WIB
Polisi Filipina menggerebek sebuah rumah sakit dan toko obat rahasia yang secara diam-diam merawat warga China yang dicurigai terinfeksi virus Corona. Foto/ABC News
MANILA - Polisi Filipina menggerebek sebuah rumah sakit dan toko obat rahasia yang secara diam-diam merawat warga China yang didiga terinfeksi Covid-19.

"Dua orang ditangkap dan satu pasien ditemukan selama penggerebekan hari Selasa di vila perumahan yang secara ilegal berubah menjadi rumah sakit tujuh tempat tidur dan toko obat," kata Brig. Jenderal polisi Rhoderick Armamento seperti dikutip dari AP, Kamis (21/5/2020).

Menurut Armamento lebih dari 200 peralatan yang diduga untuk virus Corona dan alat suntik ditemukan dari tong sampah di villa itu. Rumah sakit dan toko obat ilegal itu berada di sebuah ruangan besar di tepi kolam renang di belakang kompleks.

(BACA JUGA: Tak Terima Diintip Saat Bercinta, Pasangan di AS Gugat Hotel)

Pasien laki-laki asal China dipindahkan ke rumah sakit Filipina. Mereka yang ditangkap adalah administrator rumah sakit asal China, yang mungkin telah beroperasi secara diam-diam selama sekitar tiga bulan, dan seorang rekan senegaranya yang menjaga toko obat.



"Mereka telah mempraktikkan obat-obatan dan memberikan resep obat tanpa lisensi," kata Armamento melalui telepon.

"Pasien (asal) China yang dibawa ke sana mungkin masih hilir mudik di depan umum dan dapat menulari orang lain," imbuhnya.

Armamento mengungkapkan bahwa villa ini berada di Clark Freeport dan Zona Ekonomi Khusus, bekas pangkalan Angkatan Udara AS yang berubah menjadi pusat komersial dan rekreasi dengan daerah perumahan kelas atas di barat laut Manila. Sebagian besar klien fasilitas medis ini mungkin berasal dari sejumlah besar warga China yang bekerja dalam bisnis judi online di Clark.

Filipina, yang didukung oleh pemerintah China, telah meluncurkan tindakan tegas terhadap warga negara China yang sebagian besar memasuki negara itu sebagai turis dan kemudian bekerja untuk operasi perjudian online, yang ilegal di China. Sebagian besar outfitsnya diperuntukkan bagi klien di daratan Cina.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More