Kantongi Sertifikat CHSE, 798 Usaha Pariwisata Jabar Siap Sambut Wisatawan Lokal

Rabu, 21 April 2021 - 20:36 WIB
Gedung Sate di Kota Bandung menjadi salah satu ikon pariwisata Provinsi Jabar. Foto/Ist
BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan, ratusan usaha pariwisata di Jabar sudah mengantongi sertifikat CHSE dan siap menyambut wisatawan lokal dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Baca juga: Imbau Tidak Mudik, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Berwisata di Destinasi Wisata Lokal Selama Libur Lebaran

Sertifikat CHSE merupakan prasyarat yang harus dimiliki setiap usaha pariwisata untuk menyambut wisatawan di tengah pandemi COVID-19. CHSE merupakan kependekan dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan).

Baca juga: DPR Sarankan Pemerintah Tutup Tempat Wisata Selama Libur Lebaran

Kepala Dinas Pariwisata Jabar, Dedi Taufik memaparkan, ratusan usaha pariwisata yang telah mengantongi sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut, yakni 491 hotel, 321 restoran dan rumah makan, dan 31 tempat wisata 32.



"Selain itu, 44 usaha pariwisata lainnya yang terdiri dari pondok wisata, MICE, tempat cenderamata, arung jeram, golf, jasa transportasi, dan wisata selam. Sehingga, totalnya mencapai 798 usaha pariwisata," papar Dedi di Bandung, Rabu (21/4/2021).

Selain sertifikat CHSE, Dedi juga memastikan bahwa pengetesan COVID-19 dengan metode rapid antigen akan diberlakukan di sejumlah tempat wisata. Menurutnya, langkah tersebut akan sangat efektif untuk menekan potensi penularan COVID-19.

lKita pasti akan lakukan sampling ya, tidak mungkin seluruhnya. Ya tunggu saja aturannya seperti apa, tunggu kebijakan pemerintah pusat," katanya.

Dedi juga menekankan bahwa filosofi berwisata di tengah pandemi jauh berbeda dengan tradisi mudik yang kini dilarang pemerintah. Meski begitu, kata Dedi, kewaspadaan terhadap penularan COVID-19 harus tetap dijaga.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More