8 Jam Sehari Tangani Pasien Corona, Tugas Kuliah Dibereskan Belakangan

Sabtu, 18 April 2020 - 21:59 WIB
"Sejauh ini saya belum mengalami kendala berarti, saat harus berkuliah sambil menjadi relawan. FIK UI membebaskan mahasiswa berpartisipasi dalam kuliah online saat menjadi relawan. Tapi tugas-tugas tetap dapat saya kerjakan di saat free," ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Sofina. Perempuan yang juga bertugas di ICU RSUI tidak merasa khawatir bakal tertular corona.

”Kami telah diperlengkapi alat pelindung diri (APD). Selama 6 hari kerja, saya memperoleh shift kerja delapan jam dalam sehari. Empat pertama di ruangan isolasi, empat jam berikutnya membantu tindakan yang bersifat administratif seperti laporan pasien bersama para perawat RSUI," katanya.

Soal pengaturan antara tugas relawan dan kuliah baginya juga tidak ada kesulitan. Sebab dia hanya mengikuti dua mata kuliah dan tugas akhir saja. ”Apalagi, kampus memberikan kemudahan bagi kami mahasiswa profesi yang menjadi relawan dengan menghitung kegiatan relawan sebagai satuan kredit semester (SKS) dan akan disetarakan SKS-nya,” katanya.

Apa yang dilakukan para mahasiswa tersebut mendapat pujian Rektor UI Ari Kuncoro. "Saya mengapresiasi aksi nyata para mahasiswa UI di tengah pandemi Covid-19. Mereka telah mengamalkan bidang keilmuan yang selama ini ditempuh dan ini merupakan sebuah tindakan terpuji," kata Ari Kuncoro.
(muh)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More