Legislatif Dorong Pemkab Kobar Perhatikan Pembangunan Akses Jalan di Pedesaan

Senin, 08 Februari 2021 - 14:17 WIB
Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barait (Kobar), Kalteng berharap agar Pemerintah Kabupaten memperhatikan pembangunan akses jalan di desa -desa. iNews TV/Sigit
KOTAWARINGIN BARAT - Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng berharap agar Pemerintah Kabupaten memperhatikan pembangunan akses jalan di desa -desa yang ada di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam). Pasalnya, hingga saat ini masih banyak jalan yang rusak.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman saat bersama dengan daerah pemilihan (Dapil) II melakukan reses ke desa di Kecamatan Kolam, seperti Desa Rungun, Kondang, Lalang, Diung dan desa Sumber Mukti. Hasilnyadiketahui bahwa kondisi jalan masih sangat memprihatinkan.

"Hingga saat ini masih banyakkondisi infrastruktur di desa desa yang ada di Kolam cukup memprihatinkan. Bahkan,usulan peningkatan infrastruktur jalan desa kerap kali di sampaikan pada saat Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) baik tingkat desa, Kecamatan dan Kabupaten,padahal seringkali kami usulkan pada saat musrenbang dan masyarakat tidak pernah meminta apa-apa, kecuali infrastruktur jalan," Kata Bambang Suherman, Senin 8 Febuari 2021.

Bambang melanjutkan, dengan kondisi jalan yang rusak parah, tentunya menghambat mobilitas ekonomi masyarakat. Hal ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah daerah khususnya Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kobar.

"Untuk itu, kami minta agar pemerintah daerah memprioritaskan pembangunan jalan jalan desa. Sekarang bagaimana masyarakat kita dapat meningkatkan hasil produksinya, sementara infrastruktur jalan kurang menunjang," ungkapnya. Baca: Pencurian Daging di Rumah Makan Palembang Terekam CCTV, Pelaku Berjaket Ojek Online.



Bambang mendorong, agar bagian perencanaan pembangunan lebih jeli dan jangan jalan dalam kota saja yang selalu dipoles dan terus mempercantik kota, sementara akses jalan desa banyak yang rusak.

Menurutnya, mempercantik estetika kota memang sangat perlu. Namun, harus seimbangdengan pemerataan pembangunan di desa. Dia berharap,tahun ini, pemerintah daerah bisa memprioritaskan infrastruktur jalan desa. Baca: Napi Kasus Narkotika di LP Pematangsiantar Meninggal.



"Jika APBD Kobar minim anggaran, mungkin bisa melalui APBD provinsi. Sebab masyarakat selalu menyampaikan aspirasi itu kepada kami, dan kami pun paham saat ini di tengah pandemi Covid-19, pemerintah daerah melakukan refocusing anggaran. Namun, agar anggaran yang terbatas ini bermanfaat bagi masyarakat, gunakan sistem skala prioritas," pungkasnya.
(nag)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More