Brimob Polda Jabar Bantu Warga Cicalengka Atasi Tanah Longsor

Jum'at, 29 Januari 2021 - 06:33 WIB
Brimob Polda Jabar Bantu Warga Cicalengka Atasi Tanah Longsor. Foto/MPI/Agus
BANDUNG - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung Raya hampir setiap hari menyebabkan tanah longsor menerjang, Kampung Babakan, Desa Cicalengka Kulon, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Meski tak menimbulkan korban, tetapi material longsor menutup Jalan Darham. Lumpur menutup jalan sepanjang sekitar 100 meter. Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan, baik motor maupun mobil.

Tim search and rescue (SAR) Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar yang mendapat kabar terjadi longsor di Cicalengka tersebut, langsung meluncur kelokasi kejadian dengan membawa peralatan cangkul, skop, dan sebagainya.

Selain itu, personel Brimob Polda Jabar juga berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran untuk mengerahkan armada penyemprot air untuk membersihkan jalan.

Setiba di lokasi kejadian, Tim SAR Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar dan Kompi 1 Batalyon A Pelopor, langsung bersama-sama masyarakat melakukan pembersihan jalan dari lumpur dan juga menyingkirkan batu-batu dan rumpun bambu yang ikut tumbang lalu terseret menutup jalan, Kamis (28/1/2021)



Setelah kurang lebih 1 jam bersama masyarakat membersihkan jalan dari lumpur, Jalan Darham kembali dapat dilalui kendaraan.

"Membantu masyarakat sudah menjadi tugas dan kewajiban kami sebagai anggota Brimob," kata Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol Yuri Karsono.

Kombes Pol Yuri mengemukakan, personel Brimob Polda Jabar harus selalu siap siaga mengahadapi kemungkinan bencana alam. Negara harus hadir saat terjadi bencana.

Baca juga: Pemkot Bandung Bantah Ada Jenazah Pasien COVID-19 yang Ditelantarkan di TPU Cikadut
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More