Taktik Jitu Olly Dondokambey Merahkan Sulawesi Utara

Selasa, 22 Desember 2020 - 11:03 WIB
Bukti keberhasilan pemerintahan tidak bisa dipungkiri menjadi kunci kekuatan Olly Steven. Pasangan ini telah melakukan banyak hal untuk Sulawesi Utara. Yang dilakukan Olly Steven itu bisa dilihat dan terukur. Baik infrastruktur maupun kemajuan di bidang ekonomi, pertanian dan di bidang lain.

Yang dilakukan Olly Steven itu dirasakan masyarakat, yang menilai apa yang dilakukan pasangan ini harus dilanjutkan oleh figur yang sama. Hal ini memberikan dampak positif bagi kandidat PDIP di kabupaten/kota. Jargon “sinergitas” terbukti cukup ampuh dan masyarakat rupanya memang ingin agar pemimpin di kabupaten/kota bisa sejalan dan searah dengan pemimpin di tingkat provinsi, yang juga merupakan bagian darti pemerintahan nasional.

5. Daulat Rakyat

Bagi Olly Dondokambey, satu hal yang pasti, suara rakyat adalah suara Tuhan. Maka yang harus berdaulat adalah rakyat. Dalam pengertian kepentingan rakyat banyaklah yang harus diutamakan. Untuk mengukur kebutuhan dan harapan rakyat itulah dibutuhkan survei yang akurat dan ilmiah untuk menentukan preferesi pemilih. Termasuk di dalamnya kebutuhan lembaga-lembaga keagamaan serta keumatan dalam menjalankan kehidupan sosialnya.

Dalam konsepsi inilah, Olly benar-benar memahami konsepsi; Politics is presentcy. Dia tak pernah alpa dalam hal kegiatan keagamaan. Karena baginya pemimpin yang memberikan teladan, tidak hanya bisa berbicara tentang keimanan tapi juga menghayatinya. Dan inilah yang membuat rakyat Sulawesi Utara yang juga adalah umat dari masing-masing agamanya menjatuhkan pilihannya pada pasangan Olly Steven dan juga calon-calon di kabupaten kota lainnya. Dan itulah Daulat rakyat sesungguhnya.

6. Pola yang Sama

Dengan kemenangan kandidat PDIP di pilkada Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), bisa dibilang kalau wilayah itu kini telah menjadi “merah”. Ditambah dengan Kabupaten Minahasa dan Minahasa Tenggara yang sebelumnya juga sudah “merah.”

Di kabupaten lain, para pemimpinnya sejak awal sudah menyatakan dukungannya pada Olly, seperti Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara dan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong. Pemenang Pilkada Boltim versi quick count Sam Sachrul Mamonto-Oskar Manoppo di sejumlah kampanye juga menyatakan dukungannya pada Olly Steven. Begitu juga dengan Bupati Kepulauan Talaud, Elly Lasut.

Dan benar saja. Olly Dondokambey benar-benar menerapan strategy politik ilmiah layaknya pesan Sun Tsu dalam buku The Art War yang mengatakan victorious warrior win first and the go to war, while defeated warrior go to war first the seek the win.

Dengan menjadi merahnya sebagian besar wilayah di Sulawesi Utara ditambah dukungan dari bupati/wali kota non PDIP kepada Olly Steven, maka hakekatnya para pemimpin di Sulawesi Utara saat ini berada pada alur yang sama.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More