Mengenal Rebana Metropolitan, Motor Penggerak Ekonomi Jabar Masa Depan

Selasa, 17 November 2020 - 08:54 WIB
Peta kawasan Rebana Metropolitan yang diproyeksikan menjadi motor penggerak ekonomi Jabar masa depan. Dok/Humas Pemprov Jabar
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat meluncurkan rencana pengembangan Rebana yang diproyeksikan menjadi kawasan metropolitan sekaligus motor penggerak ekonomi masa depan di Provinsi Jabar.

Rencana pengembangan kawasan Rebana Metropolitan ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Rebana Metropolitan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan tujuh kepala daerah terkait dalam kegiatan West Java Investment Summit (WJIS) 2020 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Senin (16/11/2020).

Rebana Metropolitan meliputi wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon dengan jumlah penduduk yang mencapai 9,28 juta atau sekitar 18,82 persen dari total 49,3 juta jiwa penduduk Jabar per 2019.

Sebagai jantung pertumbuhan ekonomi, di kawasan ini ada Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang dan Bandar udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik.

Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan.



Lewat Rebana Metropolitan, pada 2030, Pemprov Jabar berupaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi hingga 10 persen, pertumbuhan nilai investasi hingga 17 persen, dan menciptakan kurang lebih 4,3 juta lapangan pekerjaan baru.

Beberapa pengembangan kawasan industri yang diutamakan di Rebana Metropolitan meliputi area Subang Barat, Indramayu, Kertajati, Jatiwangi, Cirebon, Krangkeng, Tukdana, Balongan, Butom, Losarang, Patrol, serta Patimban.

Adapun dukungan infrastruktur yang sudah ada di kawasan Rebana Metropolitan antara lain jalan nasional, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Palimanan-Kanci (Palikanci), rel Cikampek-Cirebon, Pelabuhan Balongan, Cirebon, dan Patimban (tahap I), BIJB Kertajati, serta terminal Subang, Indramayu, dan Cirebon.

Pasokan energi juga sudah tersedia, antara lain lewat dam di Cipancuh, Jatigede dan Setupatok. Lalu, kilang minyak Balongan, geothermal di Ciremai, hydro power Jatigede, hingga PLTU di Indramayu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More