Gunung Merapi Keluarkan 34 Kali Guguran, Status Level 3 Siaga

Minggu, 08 November 2020 - 11:13 WIB
Warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi memetik cabai meski guguran terus terjadi.Foto/iNews/Tata Rahmanta
BOYOLALI - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, terus mengalami guguran. Status Gunung Merapi saat ini level 3 siaga. (Baca juga: Rudy Tak Dampingi Gibran Debat Pilwalkot Solo, Ada Apa?)

Pada Minggu (8/11/2020) pagi, cuaca cerah di sekitar Gunung Merapi. Asap tipis keluar dari puncak Gunung Merapi, dan terlihat material guguran mengarah ke barat daya. (Baca juga: 497 Santri Ponpes El Bayan Cilacap Sembuh dari COVID-19)

Data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) di Pos Pengamatan Gunung Merapi Jrakan Selo Boyolali, Jawa Tengah, dari pukul 00-06 pada Minggu (8/11/2020), terjadi 34 kali guguran dengan durasi 9 sampai 27 detik.

Petugas Pos Jrakah Tri Mujiyanto mengatakan, status Gunung Merapi sejak Kamis (5/11/2020) November naik dari level 2 waspada menjadi level 3 siaga. Sementara radius aman di kawasan rentan bencana atau KRB 3 harus dikosongka

Meski status Gunung Merapi siaga 3, namun warga yang berada di lereng Merapi tetap melakukan aktivitas seperti biasa, misalna memetik cabai.
(zil)
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More