Ekspor Impor Mulai Naik, Transportasi Laut Perlu Berbenah

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 13:53 WIB
Meyyer Christopher Lumembang, Co-Founder BoksMan Asia, mengatakan transformasi digital harus dipadukan dengan transformasi model bisnis sehingga menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan dan pertumbuhan yang eksponensial.

"Digitalisasi pada sektor logistik terutama pada angkutan kontainer pelabuhan yang makin gencar, misalnya, tidak cukup untuk mengatasi kompleksitas dan ketidakefisienan prosesnya," beber dia. (Baca: Selama Pandemi, Ekspor Indonesia ke China Justru Tumbuh 6% )

Di lain sisi, tata letak kawasan industri, pelabuhan, dan depot kontainer di wilayah Jakarta dan sekitarnya telah mengakibatkan pergerakan truk trailer sangat tidak efisien dan tidak efektif. Proses impor dan ekspor serta inbound dan outbound domestic di pelabuhan Jakarta yang terfragmentasi telah menciptakan 24.000 perjalanan truk trailer tanpa muatan di wilayah itu.

Meyyer menjelaskan BoksMan Asia telah menyiapkan sistem untuk memobilisasi dan mengorkestrasi forwarders, trucking companies, shipping lines, dan governments untuk berkolaborasi menciptakan sebuah ekosistem yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.
(don)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More