Dukungan terhadap UMKM Bisa Membuat Masyarakat Bertahan Hidup di Masa Pandemi

Senin, 28 September 2020 - 10:00 WIB
“Namun, kita bersikap realistis, karena segala cara telah dilakukan. Untuk mewujudkan itu, nampaknya tidak mudah. Maka dari itu, optimismenya harus kita pertahankan sampai kuartal terakhir, tentu dengan menjalankan berbagai relaksasi,” ujar pria asal Karanganyar, Jawa Tengah itu.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pemerintah dan masyarakat juga perlu memperhatikan hal-hal kecil, seperti memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkreasi membangkitkan ekonomi. Ganjar selama pandemi telah membuka lapak bagi UMKM melalui hastag #LapakGanjar di media sosial.

“Ternyata hal-hal kecil seperti ini jika kita gerakkan ramai-ramai ternyata cukup membantu. Memang belum memberikan hasil yang bagus, tetapi bisa membuat masyarakat bertahan. Dengan cara ini, kita juga sudah ikut membantu masyarakat melakukan peralihan usaha dari konvensional ke digital,”pungkasnya.

Ganjar berharap diskusi yang nantinya menghasilkan solusi di tingkat makro ini bisa diterjemahkan ke tingkat mikro, sehingga diskusi ini kemudian bisa melahirkan rekomendasi-rekomendasi yang mikro pula. Ada pemerintah kabupaten, pemerintah kota, dan kelompok masyarakat yang bisa ikut membantu menggerakkan rekomendasi-rekomendasi tersebut.
(zil)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More