Eksodus Pengurus Jadi Pelajaran DPC PDIP KBB dalam Penguatan PAC

Minggu, 20 September 2020 - 00:52 WIB
PDIP Jabar Kecam Teror Bom Molotov, Desak Polisi Usut Tuntas
BANDUNG BARAT - DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai melakukan penguatan struktur partai di tingkatan PAC, ranting, dan anak ranting. Adanya eksodus kepengurusan di PAC Kecamatan Lembang ke partai lain, menjadi pelajaran berharga agar hal tersebut tidak terulang di kemudian hari.

"Target PDIP di KBB adalah kembali jadi menang, solid, dan bergerak dalam kebersamaan demi kebesaran partai," kata Ketua DPC PDIP KBB Ida Widaningsih di sela Musyawarah Anak Cabang DPC PDIP KBB periode 2019-2024, di Cisarua, Sabtu (19/9/2020). (Baca: PDIP Serahkan Sapi Kurban Simbol Persatuan kepada PWNU Jabar )

Ida mengaku optimistis dengan kepengurusan PAC yang sekarang dikukuhkan di 16 kecamatan. Susunan ketua, sekretaris, bendahara (KSB), yang diusulkan dari tingkatan anak ranting, ranting, DPC, hingga ditetapkan DPD, memiliki kapabilitas dan siap bekerja keras. Mereka juga memiliki komposisi 30% kader perempuan dan 30% kader milenial sebagai penyiapan dari regenerasi partai.

"Melihat komposisi kepengurusan, kombinasi kader senior dan muda, saya yakin mereka siap berjuang untuk menang di Pilkada dan Pileg mendatang," tuturnya di acara yang juga dihadiri Sekretaris DPD PDIP Jabar Ketut Sustiawan ini.

Sekretaris DPC PDIP KBB Iwan Ridwan menambahkan, adanya eksodus atau perpindahan keanggotaan dalam dunia politik seperti di PAC Lembang adalah hal yang wajar. Justru dirinya angkat topi kepada mereka yang masih bertahan di partai dalam kondisi apapun.

Itu artinya ideologi dan marwah mereka sudah sedarah dengan partai dan tidak bisa tergantikan. "Adanya perpindahan, wajar dalam politik. Itu jadi pelajaran, untuk bisa lebih maju lagi ke depannya," kata dia. (Baca: PDIP Jabar Kecam Teror Bom Molotov, Desak Polisi Usut Tuntas )

Sementara Ketua PAC PDIP Lembang Lili Suharli mengaku jika menjelang pilkada dan pileg lalu terjadi eksodus kepengurusan. Dirinya yang saat itu menjabat sebagai sekretaris PAC menjadi satu-satunya pengurus yang bertahan.

Sementara ketua dan pengurus ranting di 16 kecamatan semua pindah ke partai lain. "Itu layaknya bencana, karena semua pengurus pindah. Tapi ke depan saya jamin tidak akan terjadi lagi," ucapnya.

DPC PDIP KBB mulai menguatkan struktur partai dan membangun soliditas di tingkat PAC sebagai pondasi awal untuk memenangkan partai di Pilkada dan Pileg. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
(don)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content