4 Fakta Letjen TNI (Purn) Soegito, Serdadu Kelahiran Yogyakarta yang Pernah Jadi Pangkostrad

Senin, 21 Oktober 2024 - 15:25 WIB
Soegito memiliki riwayat karier moncer di militer. Saat berdinas di Kopassus, ia pernah menjabat sebagai Komandan Satgas Nanggala V.



Sebagai informasi, pasukan yang dipimpinnya itu diterjunkan untuk merebut Kota Dili pada Desember 1975. Misi ini termasuk dalam Operasi Seroja yang dilancarkan sebagai respons atas aksi Partai Fretilin mendeklarasikan kemerdekaan Republik Demokratik Timor Timur secara sepihak.

3. Punya Banyak Kisah Menarik



Soegito juga memiliki banyak pengalaman menarik selama bertugas. Salah satunya kala menjadi perwira pertama RPKAD (Kopassus) dan memburu kelompok pemberontak DI/TII di Sulawesi pimpinan Kahar Muzakar.

Pada buku “Letjen (Purn) Soegito, Bakti Seorang Prajurit Stoottroepen”, dikisahkan bahwa serdadu kelahiran Yogyakarta ini tercengang ketika pertama kali membunuh musuh di medan tempur.

Singkat cerita, Soegito dan pasukannya sedang mengintai kelompok pemberontak. Saat keberadaan musuh sudah dipastikan, timnya langsung melakukan penyergapan, sehingga terjadi kontak tembak.

Kala itu, Soegito melihat beberapa musuh berlari dengan membawa senjata. Reflek seketika, ia menembak mereka dengan senapan AK-47 miliknya sampai terjatuh.

Beberapa saat, Soegito mendatangi musuh yang ditembaknya. Seakan tak percaya dan termangu, ia tidak yakin dengan apa yang dilihatnya.

"Pertama kali saya bunuh orang meski saya tidak yakin betul apakah itu tembakan saya atau dari anggota yang lain," ucap Soegito.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content