Kisah Panji Laras, Legenda Rakyat Sampang yang Sebarkan Islam dengan Ditemani Ayam Jago

Minggu, 13 Oktober 2024 - 07:00 WIB
Makam Panji Laras di Kampung Madegan, Kelurahan Polagan, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Foto/Diwan Mohamad Zahri
Panji Laras merupakan tokoh legenda yang populer di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Dikisahkan jika dirinya ditemani ayam jago kesayangannya berhasil menyebarkan ajaran Islam di wilayah Madura.

Banyak masyarakat yang meyakini jika makam Panji Laras berada di Kampung Madegan, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang.

Menurut penuturan juru kunci Makam Panji Laras, Fauzan menyebut jika tokoh legenda itu dahulu sangat disegani dalam adu ayam jago. Panji Laras juga disebutkan mengajak setiap lawan yang dikalahkan ayam jago-nya untuk masuk Islam.



Kisah Panji Laras



Dilansir dari laman resmi Provinsi Jawa Timur, kisah Panji Laras bermula dari sebuah kerajaan besar yang ada di Jawa Timur. Dalam kerajaan itu terdapat Raja yang memerintah dengan adil dan bijaksana.



Sang Raja mempunyai kegemaran berburu binatang di hutan. Pada suatu hari, pagi-pagi buta sang Raja pergi berburu dengan diiringi beberapa orang pengawal prajurit sakti. Mereka keluar masuk hutan.

Namun hari itu rupanya nasib mereka belum beruntung. Karena sampai tengah hari mereka belum juga mendapatkan hasil buruan. Sang Raja berhenti sejenak.

Hingga pandangan Raja itu tertuju pada suatu bukit di mana terdapat padepokan dikelilingi sawah dan ladang yang subur. Padepokan tersebut dihuni oleh seorang pendeta dengan anak perempuannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content