Aksi Senyap Jenderal Kopassus Sutiyoso Lumpuhkan Pentolan GAM Tanpa Baku Tembak

Kamis, 10 Oktober 2024 - 06:07 WIB
Letjen TNI (Purn) Sutiyoso (kiri) saat masih berdinas di Kopassus. Foto/Ist
LETJEN TNI (Purn) Sutiyoso, sosok yang tak asing lagi dalam dunia militer Indonesia, telah melewati berbagai palagan tempur yang penuh risiko. Lulusan Akademi Militer tahun 1968 ini dikenal sebagai seorang prajurit komando yang tak gentar menghadapi bahaya.

Karier militernya dihiasi berbagai operasi militer mulai dari operasi di Kalimantan, Timor Timur, hingga menghadapi Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Namun, salah satu operasi yang paling berbahaya dan mendebarkan yang pernah ia jalani adalah ketika ia harus menyusup dan menangkap seorang petinggi GAM, Tengku Muhammad Usman Lampoh Awe, seorang tokoh penting yang berperan sebagai Menteri Keuangan GAM.





Operasi ini bukanlah operasi militer biasa. Ini adalah misi intelijen yang menuntut keberanian, kesabaran, dan kecerdikan dalam penyusunan strategi. Dikutip dari buku bigorafinya berjudul, “Sutiyoso The Field General, Totalitas Prajurit Para Komando”.



Awalnya nama Sutiyoso tidak masuk dalam daftar pasukan yang diberangkatkan ke Aceh. Pada suatu malam, Sutiyoso yang masih berpangkat Mayor mendadak mendapat perintah untuk menggantikan Mayor Yani Mulyadi dalam sebuah operasi ke Aceh.

Tugasnya adalah menangkap pucuk pimpinan GAM Hasan Tiro serta beberapa tokoh penting lainnya, termasuk Usman. Tanpa banyak persiapan, ia langsung diperintahkan untuk berangkat pada pukul 05.00 WIB keesokan harinya.

Meski sempat terkejut, sebagai prajurit Kopassus yang sudah kenyang pengalaman operasi berbahaya, Sutiyoso menerima tugas itu dengan sigap. Bersama timnya, ia memulai Operasi Sandi Yudha dengan sandi “Nanggala 27,” yang dilaksanakan di wilayah Aceh.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content