Mengukur Peluang Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Batang

Sabtu, 21 September 2024 - 13:00 WIB
Peluang kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) Batang, Jawa Tengah diukur dalam survei Timur Barat Research Center (TBRC). Foto/Ilustrasi
BATANG - Peluang kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) Batang, Jawa Tengah diukur dalam survei Timur Barat Research Center (TBRC). TBRC juga mengukur perilaku pemilih wilayah Kabupaten Batang.

“Survei dilakukan pada periode 6-16 September 2024 di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Batang,” kata Direktur Eksekutif TBRC Johanes Romeo dalam keterangannya, Sabtu (21/9/2024).

Dia menjelaskan, penelitian ini menarik untuk dilakukan guna memahami preferensi pemilih yang berubah seiring waktu. Selain itu, menyediakan gambaran jelas mengenai peluang kandidat calon bupati dalam memenangkan pilkada berdasarkan tingkat dukungan yang diterima.



Populasi survei ini adalah seluruh warga Kabupaten Batang yang memiliki hak pilih dalam Pilkada Kabupaten Batang 2024, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih.menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling).

Adapun tingkat kesalahan/Margin of Error (MoE) sekitar 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%. “Hal ini berarti hasil penelitian ini dapat dianggap representatif dari keseluruhan populasi pemilih di Batang dengan akurasi yang tinggi,” kata Johanes.

Dia menjelaskan, terdapat beberapa temuan menarik di survei ini. Pada aspek popularitas, pasangan Faiz Kurniawan-Suyono memiliki popularitas yang lebih tinggi yaitu sebesar 83,9% dibandingkan pasangan Fallas-Ahmad Ridwan dengan tingkat popularitasnya hanya 67,6%.

Sementara temuan survei pada aspek akseptabilitas, pasangan Faiz Kurniawan-Suyono memiliki tingkat akseptabilitas yang lebih tinggi yaitu sebesar 88,1%, dibandingkan pasangan Fallas-Ahmad Ridwan dengar tingkat akseptabilitasnya hanya 64,8%.

Dia menuturkan, elektabilitas dan popularitas Faiz Kurniawan-Suyono sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Batang 2024 semakin tak terbantahkan. Karena, lanjut dia, hasil survei menunjukkan Faiz Kurniawan-Suyono memperoleh suara sebesar 56,2%,
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content