Mantan Pengurus KNPI Jateng Dukung Ustad Ali dan Ani di Pilkada Kendal

Minggu, 04 Oktober 2020 - 11:03 WIB
loading...
Mantan Pengurus KNPI Jateng Dukung Ustad Ali dan Ani di Pilkada Kendal
Pegiat sosial kemasyarakatan, Akhirin Santoso mendukung paslon ustad Ali dan Ani di Pilkada Kendal 2020.
A A A
KENDAL - Kabupaten Kendal memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk mengangkat perekonomian daerah. Untuk menggali potensi tersebut, pemerintah didorong melibatkan pemuda dalam program pembangunan yang akan dilaksanakan.

Pegiat sosial kemasyarakatan, Akhirin Santoso, menyoroti peran strategis pemuda bagi keberlanjutan pembangunan daerah. Menurutnya, dari angkatan muda inilah, daerah diharapkan akan makin berkembang di masa mendatang. Mantan pengurus KNPI Jawa Tengah itu mencontohkan potensi yang dapat dikembangkan di sekitar tempat tinggalnya di Boja.

Menurutnya, sektor UMKM dan peternakan memiliki prospek yang baik untuk menopang perekonomian warga setempat yang sebagian besar bekerja di sektor perkebunan dan pengelolaan sumber daya alam. Sayangnya, imbuh pegiat pendampingan peternak di NGO Tapak Daud, potensi tersebut masih belum dioptimalkan.

“Inilah PR bagi para calon pemimpin Kendal. Sebenarnya ada banyak program pemberdayaan ekonomi yang dilakukan pemerintah. Tapi karena pendampinginnya tidak berkelanjutan, program itu terputus. Akibatnya, manfaatnya hanya berhenti di perorangan atau kelompok yang menerima program,” terang Santoso.

Pemeluk nonmuslim yang menjadi pegiat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Boja ini mencontohkan program bantuan budidaya peternakan kambing. Pihaknya menemukan dari dinas terkait sebatas menyerahkan bantuan sejumlah ekor kambing, sementara peternak tidak diberikan pendampingan yang berkelanjutan.

“Lebih pas lagi, untuk program-program sejenis dari pemerintah bisa memberdayakan para pemuda. Kenapa pemuda, karena dengan memberikan ilmu dan skill kepada pemuda, dampaknya akan berlanjut. Dari pengalaman yang didapatkan, pemuda akan menggunakan untuk bekal dia selanjutnya. Dampaknya akan berantai dan tidak hanya berhenti hanya di dia saja,” ungkapnya.

Ditanya siapa calon bupati dan wakil bupati yang tepat untuk memimpin Kendal, mantan pengurus DPD KNPI Jawa Tengah ini mengaku dirinya telah memiliki pilihan. Dikatakan, sebagai orang yang telah banyak terlibat dalam organisasi kepemudaan, dirinya lebih menekankan pada program pemberdayaan pemuda yang ditawarkan oleh masing-masing paslon.

“Menurut saya Pak Ustad Ali figur pemimpin yang bisa menjawab harapan pemuda. Pandangannya terhadap isu kepemudaan sangat responsif. Ditambah calon wakilnya Ibu Ani yang berpengalaman sebagai pengusaha dan ternyata juga GTT, makin menguatkan ruang-ruang pemberdayaan bagi pemuda,” ujar dia.

Terkait majunya Ketua KNPI Jawa Tengah, Tino Indra Wardono, di Pilkada Kendal, Santoso menyatakan bahwa pilihan politik itu soal rasa. Biarpun tidak lagi menjadi pengurus, sebagai kader dirinya mengaku masih menjiwai nilai dan semangat KNPI.

“Saya kenal Mas Tino, dan saya juga tahu kalau beliau maju jadi calon Bupati Kendal. Tapi pilihan itu soal rasa, dan saya sudah terlanjur jatuh hati kepada pak Ustad Ali dan Ibu Ani. Keduanya kombinasi yang tepat dari berbagai aspek untuk membangun Kendal ke depan,” jawab pegurus DPD KNPI Jateng di masa kepemimpinan Bintang Yudha Daneswara itu.

Terpisah, calon bupati Kendal Ali Nurudin, atau yang akrab disapa Ustad Ali, menyatakan dirinya bersama calon wakilnya Yekti Handayani berkomitmen untuk melibatkan pemuda dalam agenda pembangunan daerah. Bahkan pihaknya mengaku menempatkan pemuda dalam program unggulan yang akan dilaksanakan jika terpilih.

“Kepemudaan masuk dalam program unggulan yang akan kami laksanakan di bidang kebudayaan, kepemudaan dan kemasyarakatan. Kami akan sediakan ruang-ruang pemberdayaan bagi para pemuda, baik itu yang berkaitan dengan pengembangan skill, penguatan peran OKP, hingga kami libatkan pemuda dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan,” tandasnya.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)