Kereta Cepat Whoosh Delay Imbas Gempa, Tiket Dikembalikan 100%

Rabu, 18 September 2024 - 12:32 WIB
Gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,0 yang mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat terdampak pada perjalanan kereta cepat Whoosh yang tertunda atau Delay. Foto/KCIC
BANDUNG - Gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,0 yang mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat terdampak pada perjalanan kereta cepat Whoosh yang tertunda atau delay. PT KCIC pun bergerak cepat melakukan pemeriksaan menyeluruh pada area jalur Whoosh.

"PT KCIC menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan sejumlah perjalanan kereta cepat Whoosh sebagai dampak terjadinya gempa bumi yang terjadi pada pukul 09.41 WIB dengan kekuatan 5 skala richter dengan titik lokasi gempa di Kabupaten Bandung yang berdekatan dengan lokasi jalur kereta cepat Whoosh," ujar Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Rabu (18/9/2024).

Baca juga: Penampakan Sekolah, Masjid, dan Rumah Warga Porak Poranda Dampak Gempa Kabupaten Bandung

Eva menuturkan pembatalan tersebut dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan seluruh perjalanan kereta cepat Whoosh. Sesuai SOP Keselamatan dan Keamanan Tim Kerja KCIC langsung melakukan pemeriksaan menggunakan Rail Car atau kereta perawatan.

"Pemeriksaan menyeluruh membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk memastikan tidak ada faktor eksternal yang dapat mengganggu Jalur KCJB, seperti longsoran bukit batu di kanan kiri trase, longsoran tanah atau dampak alam lainnya," paparnya.

Pemeriksaan menyeluruh dilakukan untuk semua jalur sepanjang 144 km dengan kondisi jalur yang sebagian besar melalui area perbukitan. Adapun jalur kereta Whoosh terdiri struktur jembatan dengan total panjang 82 km, 13 terowongan dengan total panjang 17 km, dan Jalur KA diatas tanah sepanjang 42 km

Sementara ini, lanjutnya, berdasarkan pantauan awal di Operation Controll Center (OCC) Tegalluar atas semua sensor yang terpasang dan visualisasi dari pantauan 1.399 CCTV yang tersebar di semua jalur, sampai dengan saat ini tidak terlihat kerusakan di Prasarana KCJB.

Berikut daftar sejumlah jadwal perjalanan Whoosh yang dibatalkan:

Rute Halim - Tegalluar

1. KA G1223 keberangkatan 09.47
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content