Keberadaan IKN Bikin Sewa Rumah di Kaltim Meningkat

Kamis, 15 Agustus 2024 - 19:00 WIB
Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur membuat pencarian rumah sewa meningkat. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
PPU - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) membuat pencarian rumah sewa meningkat. Lonjakan itu mencapai 11 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

CEO dan Founder Pinhome Dayu Dara Permata menyatakan hal ini menunjukkan bila pertumbuhan properti tidak lagi jawa sentris. Data serupa juga terlihat di Sulawesi Utara.

“Dalam data, lonjakan minat pencarian properti di Samarinda dan Balikpapan meningkat lebih dari 20 kali lipat dan 5 kali lipat,” kata Dayu Dara dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Kamis (15/8/2024).

Meski tak seperti dua wilayah itu, namun peningkatan pencarian rumah juga terlihat di Jakarta dan Bali masih terjadi. Jakarta menujukkan pencarian sewa mencapai dua kali lipa. Sementara Bali, minat sewa 48 persen lebih tinggi, didorong oleh sektor pariwisata yang kuat.



Begitupun permintaan KPR takeover meningkat seiring kenaikan suku bunga mendorong peningkatan permintaan KPR takeover di Bogor dan Tangerang Selatan.

“Ini menunjukkan bahwa konsumen mencari alternatif pembiayaan yang lebih terjangkau,” tambahnya.

Sedangkan di Sumatera, memperlihatkan pertumbuhan pesat empat kali lipat untuk sektor rumah seken di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

“Minat terhadap properti komersial juga meningkat tajam di Sumatera Barat, Lampung, dan Kepulauan Riau, mengindikasikan potensi ekonomi yang berkembang di luar Jawa,” terangnya.

Sementara di Indonesia Timur bagian Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua yang mengindikasikan permintaan yang kuat dan peluang investasi yang belum tergali.

Meski demikian, secara keseluruhan Dara menyakini bahwa hal itu menunjukkan pembangunan kian merata. Hal itu selaras visi pemerintah menyambut HUT RI ke-79 ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’.

"Kami telah mempekerjakan ratusan rekan jasa dengan disabilitas, seperti tuna rungu dan tuna netra. Kami optimis akan masa depan properti Indonesia yang semakin merata, berkelanjutan, dan inklusif sejalan dengan semangat Nusantara Baru, Indonesia Maju," tutup Dara.
(hri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content