Daftar 4 Raja Wangsa Syailendra yang Memimpin Kerajaan Mataram Kuno

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 14:25 WIB
Empat Raja Wangsa Syailendra pernah menguasai nusantara pada masa lalu. Mereka dikenal sebagai trah atau keturunan penguasa raja-raja di Nusantara pada masanya. Foto/Ilustrasi/Ist
EMPAT Raja Wangsa Syailendra pernah menguasai wilayah nusantara pada masa lalu. Mereka dikenal sebagai trah atau keturunan penguasa raja-raja di Nusantara pada masanya.

Sepanjang sejarah, kerajaan dianggap diperintah oleh dua wangsa yakni Syailendra yang beragama Budha dan Sanjaya yang beragama Hindu. Pendapat ini pertama kali diperkenalkan oleh Bosch.



Menurut para ahli sejarah, pada awal era Mataram Kuno wangsa Syailendra cukup dominan di Jawa Tengah. Bahkan wangsa Sanjaya berada di bawah pengaruh Syailendra kala itu.

Istilah Sailendra sendiri pertama kali muncul dalam Prasasti Kalasan berangka tahun 700 Saka atau 778 Masehi. Di Prasasti Kalasan disebut istilah Sailendrawangsa.

Daftar 4 Raja Wangsa Syailendra

1. Sri Indrawarman



Sri Indrawarman adalah raja yang berkuasa dari tahun 752 hingga 775 Masehi. Namanya dirunut dari surat kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz dari Dinasti Umayah.



Disebutkan jika sang pengirim merupakan pemilik dari ribuan gajah, rempah-rempah, wewangin dan kapur barus. Surat tersebut bertujuan sebagai pengantar hadiah yang ditujukan kepada Khalifah Umar bi Abdul Aziz.

2. Wisnuwarman

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content