Kisah Cinta Patih Gajah Mada dengan Putri Kerajaan Kahuripan, Sunda hingga Gadis Bali

Minggu, 28 Juli 2024 - 12:53 WIB
Patih Gajah Mada yang berhasil mewujudkan Sumpah Palapa memiliki kisah cinta dengan tiga wanita cantik. Foto/Ilustrasi/Ist
PATIH Gajah Mada merupakan salah satu tokoh di Kerajaan Majapahit saat Raja Hayam Wuruk berkuasa. Gajah Mada yang berhasil mewujudkan Sumpah Palapa memiliki kisah cinta dengan tiga wanita cantik.

Tiga nama wanita yang dikaitkan dengan Mahapatih Gajah Mada yakni Puranti yang merupakan putri Demang Suryanata dari Kerajaan Kahuripan.



Selanjutnya perempuan cantik dari Kerajaan Sunda, Dyah Pitaloka Citaresmi. Perempuan cantik ketiga yakni, Ni Luh Ayu Sekarini putri Ki Dukuh Gedangan yang berasal dari Kerajaan Bali.

Berdasarkan Prasasti Aria Bebed yang berupa lempengan tembaga di halaman Candi Aria Bebed di Desa Bubunan, Kecamatan Sririt, Kabupaten Buleleng, Singaraja, hanya dengan Ni Luh Ayu Sekarini ini lah Gajah Mada disebut-sebut menikah dan dikaruniai putera bernama Aria Bebed.

Dalam prasasti tersebut, memuat cerita tentang Gajah Mada yang diutus Ratu Tribhuwanatunggadewi untuk melakukan penyerbuan dan penaklukan terhadap Kerajaan Bali.

Ketika penaklukan Bali, Gajah Mada sempat mendatangi Pedukuhan Gedangan untuk bermeditasi.



Lalu Gajah Mada yang sempat tinggal dan melakukan meditasi di tempat itu sekitar kurang lebih empat bulanan, sering bertemu dengan putri Ki Dukuh Gedangan yang bernama Ni Luh Ayu Sekarini.

Dikisahkan Gajah Mada pun langsung jatuh hati terhadap Ni Luh Ayu Sekarini yang cantik jelita.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content