52 Kali Gempa Bumi Guncang Samosir, Perairan Danau Toba Bergejolak

Minggu, 23 Juni 2024 - 15:26 WIB
Cuaca buruk melanda kawasan Samosir, Sumatera Utara, sehingga menimbulkan ombak besar di Kawasan Danau Toba. Foto/Ahmad Ridwan Nasution
MEDAN - Cuaca buruk melanda kawasan Samosir, Sumatera Utara, sehingga menimbulkan ombak besar di Kawasan Danau Toba . Bahkan BBMKG Wilayah 1 Medan mencatat sedikitnya sudah terjadi 52 kali gempa bumi di Kabupaten Samosir.

Video amatir merekam sebuah kapal feri menerjang ombak besar saat menyeberang di kawasan perairan Danau Toba, Sumatera Utara.

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat sejak Sabtu (22/6/2024) malam hingga Minggu (23/6/2024) pagi sudah terjadi 52 kali gempa dengan magnitudo (M) 3,9.



Gempa bumi teknotik ini mengguncang kawasan Samosir dan sekitarnya berdampak terhadap cuaca serta tingginya ombak di Danau Toba. Kondisi ini sempat mengganggu aktivitas penyeberangan kapal feri.

Analis gempa bumi BBMKG Wilayah 1 Medan, Endah Puspita mengatakan, meskipun sudah puluhan kali gempa terjadi belum ada laporan kerusakan.

BBMKG Wilayah 1 Medan mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan aktivitas liburan di kawasan Danau Toba untuk berhati-hati terhadap cuaca buruk dan bencana.
(wib)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content