Status Masih Awas, Badan Geologi Sebut Peralatan Pemantau Gunung Ibu Rusak

Senin, 20 Mei 2024 - 17:03 WIB
Peralatan pemantauan di Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara mengalami kerusakan di tengah status awas. Foto/Dok PVMBG
BANDUNG - Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Muhammad Wafid melaporkan, saat ini satu peralatan pemantauan di Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara mengalami kerusakan.

Menurut Wafid, kerusakan alat yang berlokasi di 1,5 Km dari pusat erupsi Gunung Ibu tersebut akibat terkena material produk erupsi.

"Satu peralatan pemantauan di Gunung Ibu sedang mengalami kerusakan dimungkinkan akibat terkena material produk erupsi," ucap Wafid dalam keterangannya, Senin (20/5/2024).



Wafid mengatakan, pihaknya pun telah berhasil memasang peralatan seismik di Stasiun Repeater GIN. “Alat yang rusak telah berjalan kembali dan dapat merekam aktivitas kegempaan,” ujarnya.



Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental Senin (20/5/2024) pukul 12.00 WIT, kata Wafid, aktivitas vulkanik Gunung Ibu masih tinggi. “Karena itu tingkat aktivitas Gunung Ibu masih tetap di Level IV atau Awas," ungkapnya.

Pihaknya pun meminta masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati Gunung Ibu di dalam radius 4 km dan sektoral 7 km dari arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata)," katanya.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More