Misteri Asal-usul Jangka Jayabaya Berisi Ramalan Nusantara di Masa Depan

Sabtu, 13 April 2024 - 06:10 WIB
Kitab itu disusun hanya berselisih lima tahun dengan selesainya Kitab Pararaton tentang sejarah Majapahit dan Singasari yang ditulis di Pulau Bali 1535 Saka atau 1613 M. Jadi, penulisan sumber ini sudah sejak zaman Sultan Agung dari Mataram bertahta, yakni pada 1613 sampai 1645 M.

Kitab Jangka Jayabaya sendiri pertama dan dipandang asli buah karya Pangeran Wijil I, dari Kadilangu, yang memiliki sebutan Pangeran Kadilangu II. Kitab ini konon dikarangnya pada 1666 - 1668 Jawa atau 1741 - 1743 Masehi.

Sang pujangga ini memang seorang pangeran yang bebas dan mempunyai hak merdeka, yang artinya mempunyai kekuasaan wilayah perdikan yang berkedudukan di Kadilangu, dekat Demak.

Dia merupakan keturunan Sunan Kalijaga, sehingga logis bila dapat mengetahui sejarah leluhurnya dari dekat, terutama tentang riwayat masuknya sang Brawijaya terakhir (kelima) ke agama baru, Islam, sebagai pertemuan segitiga antara Sunan Kalijaga, Brawijaya ke- 4 dan penasihat sang baginda bernama Sabda Palon dan Nayagenggong.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More