Ganjar Napak Tilas Kenang Bung Karno, Kunjungi Rumah Pengasingan di Ende NTT

Sabtu, 02 Desember 2023 - 16:10 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, NTT, Sabtu (2/12/2023). Foto/MPI
ENDE - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/12/2023). Kunjungan dilaksanakan di sela-sela aktivitas kampanye.

Di rumah bersejarah itu, Ganjar Pranowo yang didukung Pertai Perindo itu merasakan bagaimana Pancasila terlahir melalui perjuangan pendiri bangsa yang tidak mudah dan penuh dengan semangat nasionalisme tinggi.



"Setiap kita ke Ende pasti kita ke situsnya dan di sinilah 4 tahun kurang lebih Bung Karno ada di sini," kata Ganjar di lokasi.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu memperhatikan satu per satu berbagai peninggalan Presiden Pertama RI Soekarno ketika pendiri bangsa Indonesia itu diasingkan oleh Belanda dan menjadi tahanan politik pada 1934-1938 lalu.

Beberapa koleksi benda dan bangunan masih tersusun rapi dalam rumah tersebut. Di antaranya setrika, ketel, piring-piring, tongkat, lampu, pegangan korang, lukisan, hingga biola.

Ada juga sumur yang menjadi tempat Bung Karno memenuhi kebutuhan airnya. Ganjar pun sempat membasuh wajah dan kakinya dari air sumur tersebut.



Ganjar pun bercerita di mana Bung Karno merenung di sebuan taman dibawah pohon sukun hingga akhirnya menorehkan lima sila dalam pancasila. Tempat itu selalu menjadi inspirasinya untuk membangun bangsa, seperti yang dilakukan Bung Karno dulu.

"Dengan segala kreativitasnya, tonil, lukis, edukasi, dan ada inspirasi luar biasa sampai akhirnya merenung di bawah pohon sukun yang menghasilkan 5 sila pancasila. Sangat bersejarah," jelasnya.

Ganjar pun mengajak masyarakat untuk menghargai perjuangan para pendiri bangsa dengan tidak korupsi dan nepotisme. Sehingga pemikiran yang ditorehkan Bung Karno dalam renungannya benar-benar diterapkan.

"Jangan korupsi, jangan kolusi, jangan nepotisme, karena di sinilah pahlawan kita menyerahkan seluruh harta, nyawa, tenaga, pikiran, semuanya, kita harus menghormati mereka," imbuh Ganjar.
(shf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content